News

Ratusan TKS Geruduk Kantor Dinkes Labuhanbatu

FaseBerita.ID – Ratusan Tenaga Sukarela (TKS) Dinas Kesehatan Labuhanbatu kembali melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu yang berada di jalan KH Dewantara, Kecamatan Rantau Selatan, Kamis (28/8/2019) siang.

Dalam aksi tersebut, mereka meminta kepada Kepala Dinas Kesehatan Labuhanbatu, untuk tidak mendiskriminasi dan menjelaskan terkait status tenaga kerja sukarela (TKS) Labuhanbatu.

Menurut mereka, Tenaga Kerja Sukarela (TKS) sangat berperan aktif dan disiplin dalam menjalankan tugas dan komitmennya, dengan beban tugas maupun sanksi yang didapat jika terdapat kelalaian tugas.

Selain itu, TKS juga meminta kepada Kepala Dinkes Labuhanbatu membayar upah mereka, sesuai dengan keputusan Menkes RI Nomor 481 Tahun 2017.

Para pengunjuk rasa, meminta kepada Plt Bupati Labuhanbatu mencopot Kadis Kesehatan Labuhanbatu yang diduga menyalahi wewenang kekuasaan tenaga kerja sukarela. Dugaan korupsi upah TKS (tenaga kerja sukarela).

Serta berharap, kepada DPRD Labuhanbatu dan mendesak Plt Bupati Labuhanbatu agar mengeluarkan SK tenaga kerja sukarela.

Pantauan wartawan, sejumlah TKS membawa karton yang berisi tulisan, diantaranya “TKS berubah menjadi perbudakan modern”.

Berselang beberapa jam, Kadis Kesehatan Kabupaten Labuhanbatu Tinur Bulan menyambut para pengunjuk rasa di depan Kantor Dinas Kesehatan Labuhanbatu yang dijaga ketat oleh Personel Polres Labuhanbatu dan Satpol PP.
Tinur berjanji akan menyampaikan aspirasi mereka kepada Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT. “Kita akan sampaikan tuntutan ini kepada Pak Plt Bupati Labuhanbatu,” ujarnya kepada demonstran.

Setelah mendengar penjelasan dari Kadis Kesehatan tersebut, para pengunjuk rasa bergerak ke kantor DPRD Kabupaten Labuhanbatu. (bud/rah)

USI