News

Ratusan Rumah Terendam di Angkola Sangkunur, Warga Bawa Perahu Dan Ngungsi

TAPSEL, FaseBerita.ID– Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapsel, mengakibatkan sekitar 100an rumah terendam di Kelurahan Rianiate, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Selasa (18/5) pagi.

“Hujan deras mengakibatkan beberapa rumah terendam. Ada 50 rumah di lingkungan 1, sudah tak bisa ditempati. Dan, puluhan rumah warga lainnya juga digenangi air,” sebut Jalaluddin Nasution (57) warga setempat.

Dikatakan, genangan air tersebut, memang telah menjadi langganan bagi warga sekitar, setiap hujan deras melanda daerah itu. Sebab, selain hujan deras diwilayah kecamatan itu, banjir juga dipengaruhi hujan deras dihulu Sungai Batangtoru. Air Sungai Batangtoru akan meluap dan sebagian airnya memasuki Danau Siais.

Permukaan Danau Siais pun, akhirnya naik dan mengakibatkan banjir dipemukiman warga di pemukiman yang memiliki sekitar 400 rumah itu.

“Saat ini, air terus naik. Cuacapun masih mendung dan berpotensi hujan deras,” ungkapnya melalui telepon selulernya seraya menegaskan, normalisasi Sungai Batangtoru merupakan impian untuk mengatasi keadaan itu.
“Memang aliran Sungia Batangtoru harus diperlancar (normalisasi), agar banjir seperti ini tak lagi menjadi tradisi bagi kami,” sebutnya.

Disampaikan, upaya mengungsi dari sekitar 50 KK yang rumahnya sudah tak layak ditempati belum ada tanda tanda. Namun, melihat kondisi cuaca yang mendung, dapat dipastikan sekitar 50 KK akan mengungsi malam ini.
“Air belum ada tanda tanda mau surut, justru terus naik. Mungkin malam ini warga yang rumahnya terendam akan mengungsi ke rumah rumah keluarga yang lebih aman,” ungkapnya seraya hingga saat ini perhatian pemerintah belum ada terkait kondisi itu.

Sekretaris BPBD Tapsel Umar Halomoan saat dimintai informasi banjir oleh awak media ini hingga berita dikirim, belum ada jawaban. Demikian juga dengan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel Hotmatua Rambe. (ran/fabe)