News

Ratusan Pendukung Calon Pangulu Tiga Bolon Ancam Demo

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Calon Pangulu Tigabolon Nomor Urut 4 Nova boru Hutapea berencana akan membawa ratusan massa untuk melakukan aksi unjuk rasa ke Kantor Bupati Simalungun dan DPRD, Pamatang Raya, Kabupaten Simalungun, hari ini, Kamis (1/8/2019).

Hal itu diutarakan Nova br Hutapea didampingi Kordinator Aksi Lipen Simanjuntak dan M Sagala kepada media ini, Rabu (31/7/2019) sekira pukul 13.00 WIB.

“Kami hari ini lagi di Polres Simalungun untuk mengurus surat ijin keramaian karena rencana, kami akan demonstrasi ke Kantor Bupati Simalungun dan Kantor DPRD. Kami menduga ada indikasi kecurangan pada pemilihan Pangulu Rabu 12 Juni lalu,” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sudah menyerahkan surat gugatan keberatan kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Nagori (DPMPN) Simalungun, per tanggal 18 Juni lalu, agar kotak suara dibuka. Namun sampai saat ini kotak suara belum juga dibuka.

“Hanya itu permintaan kami. Memohon supaya kotak suara dibuka memastikan suara masing-masing calon berapa sebenarnya. Karena kemarin saat pemilihan, panitia awalnya sudah mengumumkan pemenangnya adalah nomor 4, tetapi mengapa bisa berubah,” sebutnya.

Nova Hutapea meminta Panitia supaya adil melaksanakan tugas sesuai aturan yang berlaku.

“Kami minta Panitia supaya bersikap adil dan melaksanakan pelaksanaan pemilihan dengan aturan yang berlaku, walaupun nantinya setelah kotak suara dibuka, memang tetap sesuai panitia tetapkan, kami terima secara legowo, itu aja,” imbuhnya.

Kasat Intel AKP Gering Damanik membenarkan kalau pihaknya ada mengeluarkan surat izin keramaian besok.

“Iya mereka lagi di Polres Simalungun. Kita akan mengeluarkan surat izin keramaian besok untuk demo dengan ratusan massa di Raya,” singkatnya.

Sementara Ketua Fraksi Nasdem Bernhard Damanik mengatakan bahwa keberatan calon Pangulu Nomor 4 sudah sesuai prosedur.

“Panitia meminta supaya surat gugatan keberatan dibuat. Ya sudah dibuat dan diserahkan ke DPMPN. Kan sudah sesuai prosedur. Itulah ditanggapi. Kita juga setuju peti suara dibuka,” ujarnya.

Kepala DPMPN Simalungun Sarimuda Purba melalui Kasi Keuangan dan Aset Nagori, Kabupaten Simalungun Lamhot Haloho mengatakan, pihaknya mengacu kepada surat dari Camat Sidamanik sebagai Pengawas Pemilihan Kecamatan.

“Surat camat ada sama kita, yang menyatakan tidak ada temuan kecurangan dan berjalan lancar. Camat kan pengawas Pilpanag juga di kecamatan. Tetapi bila ada temuan pengawas, akan kita tindaklanjuti,” ujarnya. (Mag05/des)

iklan usi