News

Ratnawati Radiapoh Sinaga Ketua PKK & Dekranasda Simalungun

SIANTAR, FaseBerita.ID– Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Nawal Edy Rahmayadi br Lubis yang juga Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumut melantik tujuh Ketua TP PKK dan Dekranasda kabupaten/kota. Pelantikan digelar di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Senin (3/5).

Mereka yang dilantik yakni Ketua TP PKK/Dekranasda Kota Binjai Nurhayati Amir Hamzah, Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Simalungun Ratnawati Radiapoh Hasiholan Sinaga br Sidabutar, dan Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Nias Barat Erli Tasar Khenoki Waruwu.

Kemudian, Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Nias Utara Arisman Amizaro Waruwu, Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Nias Selatan Yustina Hilarius Duha, Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Samosir Harta Rohana M Sitanggang, dan Ketua TP PKK/Dekranasda Kabupaten Karo Vera Rika Theopilus Ginting.

Dalam sambutanya, Nawal menyampaikan agar Ketua TP PKK dan Dekranasda di daerah masing-masing melaksanakan seluruh program kerja yang telah ditetapkan, serta memahami peran sebagai mitra pemerintah dalam memberdayakan masyarakat.

“Peranan seorang Ketua PKK dan Dekranasda sangat diharapkan mampu memberikan kontribusi dan perubahan, demi berdayanya keluarga dan masyarakat menuju ketahanan keluarga dan ketahanan ekonomi di daerah,” ujar Nawal, yang turut didampingi Wakil Ketua I TP PKK Sumut Sri Ayu Mihari.

Nawal menjelaskan beberapa hal yang harus menjadi perhatian dan prioritas untuk segera ditindaklanjuti, antara lain pengukuhan oleh bupati atau walikota selaku pembina PKK. Kemudian, memelajari buku memori Ketua PKK yang lama, menyelesaikan serah terima jabatan dengan sebaik-baiknya demi pertanggungjawaban yang sesuai ketentuan.

Kemudian, membenahi struktur TP PKK demi kelancaran operasional.

“Pelajari program kerja yang telah tertampung di dalam anggaran maupun yang akan direncanakan selanjutnya, agar dapat terealisasi dan terprogram dengan baik,” katanya.

Disampaikan juga, saat ini TP PKK sudah menerapkan Sistem Informasi Manajemen (SIM) PKK, yang berbasis teknologi diluncurkan PKK Pusat.

“PKK Provinsi Sumut telah membenahi dan mempersiapkan rencana PKK Sumut Satu Data dan merencanakan berdirinya Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) serta penggunaan media aplikasi. Untuk itu Ketua PKK segera membenahi dan mengelola Kelompok Dasawisma,” ucapnya.

Nawal juga berharap, dalam penyusunan program kerja selama lima tahun ke depan, dapat melibatkan anak-anak muda, kelompok milenial yang bertalenta tinggi, berpendidikan tinggi dengan kreativias dan inovasi, serta yang menguasai teknologi informasi dan komunikasi. (rel/fabe)