News

Rapat Pra RAT di CU Saroha: Anggota Minta Tabungan Dicairkan

SIANTAR, FaceBerita.ID – Suasana pra Rapat Anggota Tahunan (RAT) di kantor Pusat CU Saroha di Jalan Mangga, Kelurahan Parhorasan Nauli, Kecamatan Siantar Timur, Jumat (28/6/2019) berlangsung tegang.
Pasalnya pada saat rapat tersebut, para anggota yang hadir mendesak agar tabungan mereka segera dicairkan.

“Pokoknya kalian usahakan uang kami di keluarkan. Mulai sejak rapat anggota di tahun sebelumnya suasana di kita sudah tidak enak. Tidak usah berputar-putar alasannya ke sana ke sini,” ujar salah seorang perempuan saat menyampaikan aspirasinya kepada pengurus CU Saroha.

Wanita setengah baya yang berbicara dalam bahasa Batak ini mengaku kesal, karena setiap bulan mereka juga dipotong uang administrasi, namun pelayanan di CU Saroha tidak baik.

“Saonari paulak hamu hepeng nami!” teriaknya.

Sementara itu, anggota lainnya meminta penjelasan yang lebih konkrit kemana uang anggota itu dibuat sehingga tidak bisa mencairkan tabungan anggota.

Tampak para pengurus yang duduk di hadapan ratusan anggota tidak bisa menjelaskan secara secara rinci tentang uang anggota tersebut.

J Silaban salah seorang anggota CU Saroha saat diwawancarai mengaku kecewa karena uang tabungannya sebesar Rp200 juta lebih tidak bisa dicairkan. Padahal uang itu ia tabung setiap bulannya ke CU Saroha untuk keperluan pernikahannya.

“Setiap bulan saya setor lebih dari satu juta. Dan terkumpullah sampai dua ratus juta lebih. Tapi uang itu tidak bisa saya ambil. Saya tidak tau apa alasan mereka,” ujarnya.

Samentara itu, susana pada rapat tersebut berlangsung tegang dan para anggota merasa jawaban yang disampaikan pengurus tidak bisa memberikan kepastian kapan bisa anggota mencairkan uangnya. Karena ada titik terang, rapat tersebut ditutup dan dilanjutkan Sabtu (29/6/2019) hari ini.

Baca juga: Kantor Pusat CU Saroha Tutup

Tidak hanya anggota yang di Siantar yang mengeluh, Pada Rabu (26/6/2019) sore, ratusan anggota CU Saroha di Tanah Jawa juga mendatangi kantor unit CU Saroha di Tanah Jawa. Mereka marah karena uang mereka tidak bisa ditarik. Karena kecewa, mereka kemudian datang ke Polsek Tanah Jawa untuk membuat laporan ke polisi.

Pernah Disurati Dinas Koperasi Provinsi

Pada tanggal 15 Mei 2019 lalu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah pernah melayangkan surat kepada CU Saroha agar segera melaksanakan serah terima administrasi dan laporan keuangan kepada pengurus dan pengawas terpilih melalui Rapat Anggota Khusus pada 13 Desember 2018 lalu.

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah menyebutkan bahwa pada tanggal 3 Mei 2019 mendapat surat dari Kopdit CU Saroha perihal bantuan penyelesaian masalah. Atas surat tersebut, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara mempelajari berkas-berkas yang telah disampaikan oleh pengurus dan pengawas yang baru terpilih.

Setelah berkas tersebut dipelajari, pihak Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Sumatera Utara kemudian mengeluarkan surat kepada CU Saroha supaya segera dilakukan serah terima adminstrasi dan laporan keuangan kepada pengurus yang baru. (mag03/pra)