News

Rapat Perdana DPRD Madina: 4 Anggota Dewan Tak Hadir

8 Fraksi di DPRD Diumumkan

MADINA, FaseBerita.ID – Rapat paripurna pembentukan fraksi di DPRD Mandailing Natal (Madina) memutuskan ada delapan fraksi partai di DPRD. Hanya saja, dalam rapat perdana itu, dari 40 anggota dewan yang baru dilantik Senin (2/9/2019) lalu, ada empat orang tidak hadir.

Paripurna dipimpin langsung oleh Erwin Efendi Lubis selaku pimpinan DPRD sementara. Di sela-sela rapat paripurna, Sekretaris DPRD Ikbal Hanapi membacakan surat masuk dari pimpinan partai politik selaku pemilik kursi di DPRD mengenai penetapan fraksi.

Dari depalan fraksi, ada enam fraksi murni dan dua fraksi gabungan, dengan rincian; Fraksi Partai Gerindra tujuh kursi, Fraksi Partai Demokrat plus enam kursi yang terdiri lima kursi Partai Demokrat, dan 1 kursi dari PDIP.
Kemudian, fraksi Partai Golkar lima kursi, fraksi PKS empat kursi, fraksi Partai Hanura empat kursi, fraksi PKB empat kursi.

Dua fraksi gabungan yaitu Fraksi Amanah Berkarya sebanyak empat kursi terdiri dari tiga kursi dari PAN dan satu kursi dari Partai Berkarya.

Kemudian, Fraksi Persatuan Madina berjumlah enam kursi, terdiri dari dua kursi dari Perindo, dua kursi dari PPP, satu kursi dari Nasdem, dan satu kursi dari PKPI.

Usai paripurna penetapan fraksi, paripurna dilanjutkan dengan pembahasan Tata Tertib, kode etik, dan tata beracara.

Dalam rapat paripurna pertama anggota DPRD Madina periode 2019-2024 tersebut, dari 40 anggota dewan, berdasarkan absensi, ada empat orang yang tak hadir dan 36 orang yang hadir.

Informasinya, anggota Dewan yang tidak hadir tersebut ada yang mengikuti acara partai di luar kota, dan ada juga yang melayat karena kerabatnya meninggal. (wan)

iklan usi