News

Rapat Anggota Tahunan Saroha Disebut Ilegal

SIANTAR, FaseBerita.ID – Guna Situmorang yang mengaku sebagai sekretaris CU Saroha Kota Pematangsiantar mendatangi Polres Pematangsiantar, Senin (1/7/2019). Kedatangannya guna menggugat pelaksanaan Pra RAT dan RAT (Rapat Anggota Tahunan) yang telah dilaksakanakan pada Sabtu (29/6/2019) lalu.

Saat diwawancarai wartawan, Guna Sitomurang menjabarkan bahwasanya pelaksanaan Pra RAT dan RAT yang digelar oleh CU Saroha adalah ilegal karena dipimpin pengurus yang tidak sah.

“Saya dan pihak saya menduga Pra RAT dan RAT yang dilakukan itu merupakan salah satu cara untuk menipulasi atau membohongi nasabah,” tegas Guna Situmorang.

“Dikarenakan yang berhak melaksanakan RAT tersebut hanya Pengurus CU Saroha,” terangnya.

Menurut Guna Situmorang bahwa pada 13 Desember 2018 telah dilaksanakan Rapat Anggota Khusus dan telah dibentuk pengurus yang baru.

“Pada saat Rapat Anggota Khusus itu kita undang dari Dinas Koperasi Provinsi yang dihadiri oleh Ibu Mardiana dan kita undang Dinas Koperasi Kota Pematang Siantar dan hal itu juga disaksikan oleh mekanisme-mekanisme yang ada didalam CU Saroha,” tambahnya.

Mereka selaku pengurus yang baru telah mendapatkan SK dan SK tersebut telah dinotariskan dan dilegalisasi di pengadilan.

Atas adanya SK tersebut, pengurus baru melaksanakan audit eksternal, Audit ini berdasarkan keputusan rapat.

“Audit itu diketuai oleh Pak Silalahi,” terangnya.

Setelah audit external melakukan tugasnya dengan data yang sangat minim, kemudian pihak audit external menyurati pengurus yang lama meminta data untuk mengetahui semua permasalahannya. Akan tetapi pengurus yang lama menolak memberikan data tersebut.

Hasil dari audit external menyatakan bahwa telah ada dugaan penyelewengan uang CU Saroha sebesar Rp31 miliar lebih. Dugaan penyelewengan ini telah dilaporkan ke Polres Pematangsiantar beberapa waktu lalu.

“Maka terkait adanya RAT dan yang baru saja dilakukan oleh oknum tertentu, maka kami akan menggugat hal tersebut. Dan mereka pun melaksanakannya tanpa sepengetahuan kami atau pengurus,” tutup Guna Situmorang. (mag03/pra)