News

Rangkap Jabatan Sekda, Pemko Tanjungbalai Tak Efektif

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Walaupun sudah menjabat sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungbalai, Yusmada Siahaan masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim) Kota Tanjungbalai.

“Plt Kadis Perkim untuk sementara masih dijabat oleh Yusmada Siahaan,” kata Kabag Humas dan Protokol Pemko Tanjungbalai Darwansyah Merta Wijaya,” saat dihubungi, Minggu (22/9/2019).

Sebelum dilantik oleh Walikota Tanjungbalai HM Syahrial menjadi sekda, Yusmada menduduki jabatan sebagai Kadis Perkim. Namun pada Kamis (12/9) lalu, yang bersangkutan dilantik sebagai sekda berdasarkan Surat Keputusan Walikota Tanjungbalai Nomor: 820/445/K/2019, tertanggal 5 September 2019.

“Karena sudah dilantik menjadi sekda, seharusnya walikota mengangkat pejabat lain atau Sekretaris Dinas Perkim menjadi Plt. Yakni sampai adanya lelang jabatan,” ujar Koordinator Daerah Indonesian Corruption Watch (ICW) Kota Tanjungbalai Jaringan Sihotang.

Karena, sebagai pejabat baru dengan posisi sekda yang sudah lebih dari satu tahun lowong, tentunya banyak tugas yang perlu diselesaikan dan membutuhkan perhatian yang serius. Oleh karena itu, sangatlah tidak efektif jika Yusmada mempunyai jabatan rangkap.

“Apalagi, saat ini Pemko Tanjungbalai sedang mengalami dilema terkait dengan laporan hasil pemeriksaan BPK RI Tahun 2019 terhadap Laporan Keuangan Pemko Tanjungbalai Tahun 2018, yang menyatakan discleimer atau tidak memberikan pendapat,” tandasnya. (int)

iklan usi