News

Rame-rame Share Foto Pakai Bulang

FaseBerita.ID – Setelah foto Iriana Jokowi pakai bulang viral di media sosial, para warga net terutama wanita suku Simalungun ramai-ramai mengupload foto pakai bulang. Mereka mengaku bangga, bulang yang biasa di pakai pada acara adat, dipakai oleh Ibu Negara.

Sementara Sri Sultan Saragih, pimpinan Sanggar Budaya Rayantara, mengatakan, selai bulang, wanita Simalungun juga memakai bajut. Bajut merupakan wadah tradisional berisi sirih, tembakau, kapur dan peralatannya. Bajut untuk wanita Simalungun terbuat dari anyaman daun pandan.

“Ibu Negara juga terlihat memakai mirip bajut modern, tapi itu bukan khas bajut kita. Tidak menjadi masalah, karena kemungkinan tim di belakang panggung atau staf kepresidenan tidak memahami detail atau tidak ada stok di Jakarta , mengambil nilai positif justru memperkuat kekayaan budaya etnik Sumatera Utara,” kata Sri Sultan.

“Hal yang menjadi cermin bagi kita, kiranya lembaga budaya Partuha Maujana Simalungun sudi melakukan regenerasi juga. Mau turun aktif terlibat di tengah-tengah masyarakat luas agar budaya Simalungun semakin dikenal, selalu mendapat apresiasi dan diketahui serta semakin dicintai public,” katanya.

Sementara itu Pdt Juandaha Purba STh salah seorang budayawan Simalugun mengungkapkan kebanggaannya terhadap busana yang dipakai oleh Ibu Negara, Iriana.

Baca juga: Pertama Dalam Sejarah, Bulang Simalungun Dipakai Ibu Negara

“Kita berharap, momen ini dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan ekonomi kreatif. Maka kita khususnya masyarakat Simalungun untuk tidak malu mengenakan busana Simalugun,” ujar Pdt Juandaha Purba, yang saat ini sebagai Pendeta GKPS Resort Immanuel Saribudolok.

Disebutkan Juandaha, bulang bagi budaya Simalungun merupakan salah satu busana Simalungun yang khusus dipakai oleh Ibu-ibu Simalungun.

“Dulunya, tidak sembarangan orang yang mengenakan Bulang. Karena nilai yang terkandung dalam Bulang itu menandakan sosok seorang Ibu yang patut menjadi panutan,” kata Juandaha.

“Ibu Iriana bukan hanya sebagai Ibu Negara, tapi ia juga sebagai Ibu masyarakat Simalungun. Jadi kita sangat mengapresiasinya,” terangnya. (mag05/pra)