News

Raja Ahab: KPU Tak Punya Tiang Papan Reklame

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun Raja Ahab Damanik menegaskan pihaknya tidak ada memiliki tiang papan reklame. Apalagi jumlahnya mencapai 17 unit dan disebut-sebut dibangun tahun 2015.

“Oh, kalau tahun 2015 kan saya belum ada di KPU. Tapi data inventaris kita, tidak ada tiang papan reklame. Kalau yang terdaftar di KPU, yang ada mobil. Itu aja,” terang Raja Ahab, Jumat (23/8/2019).

Diterangkan Raja Ahab, saat sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) April lalu, pihaknya memasang alat peraga kampanye (APK) dari kayu, bukan di tiang papan reklame dan berbentuk billboard.

“Laporan sama saya, tidak ada inventaris tiang papan reklame. Kalau memang ada punya kita, tentunya sudah kita pasang waktu sosialisasi Pemilu lalu. Kita pun pasang baliho pakai kayu kemarin itu,” terangnya.

Baca juga: 17 Papan Reklame Milik KPU Simalungun Diduga Jadi Ajang Bisnis Pribadi

Pernyataan Raja Ahab itu terkait beredarnya informasi yang menyebutkan KPU Simalungun memiliki 17 unit tiang papan reklame. Kini tiang-tiang tersebut dipasangi baliho bakal calon Bupati Simalungun. Sehingga sejumlah kalangan memertanyakannya.

Bahkan informasi yang beredar menyebutkan, tiang papan reklame tersebut didirikan tahun 2015 oleh KPU Simalungun dengan anggaran miliaran rupiah. Diduga, saat ini malah beralih menjadi milik pribadi. Disebutkan juga, biaya kontrak tiang papan reklame untuk pemasangan baliho bakal calon Bupati Simalungun sebesar Rp5 juta sebulan, dengan poster timbal balik. (mag-05)