News

Pura-pura Pembeli, Ponsel Dilarikan Setelah Selfie dengan Penjual

FaseBerita.ID – Seorang pria nekat melarikan ponsel baru dari sebuah toko di Pasar XI Air Joman Kecamatan Air Joman Kabupaten Asahan. Modusnya, pelaku pura-pura membeli ponsel baru.

Uniknya, dia sempat melakukan swafoto (selfie) dengan pemilik toko, sebelum akhirnya kabur melarikan ponsel yang sudah di setting pemakaiannya itu.

Pengalaman kasus pencurian tersebut, dibagikan oleh akun facebook Muhammad Arif Rifky Sirait dan ramai dibagikan oleh pengguna sosial media lainnya. ”Baru saja kejadian di ponsel air joman. Laki2 ini melarikan 1 unit vivo Y 12. Bagi kawan kawan mohon di share biar pelaku cepat tertangkap,” tulisnya.

Hingga Jumat, (1/5) postingan itu sudah lebih dari 300 kali dibagikan dan ratusan komentar. Pemilik akun, bernama Arif Rifky yang dikonfirmasi wartawan membenarkan kejadian atas postingan tersebut.

“Iya benar. Kejadian itu sudah dilaporkan ke Polsek. Semoga pelakunya cepat ditangkap,” kata Arif saat dikonfirmasi wartawan.

Dia mengatakan, aksi pencurian tersebut terjadi pada Selasa, tanggal 28 April 2020 malam. Saat itu, pelaku seorang diri berpura-pura ingin membeli dan memilih ponsel baru. Setelah sepakat merek ponsel dan harga pemilik toko kemudian melakukan setingan di pada ponsel yang akan dibeli pelaku. Namun, sebelum ponselnya dibayar, pemilik toko dan pelaku ini sempat selfie untuk melihat kualitas kamera dan fiture ponsel.

“Setelah semuanya siap, pelaku pura-pura mengambil uang di sepedamotornya sambil membawa ponsel baru yang selesai di setting, tapi dia langsung kabur tancap gas,” kata Arif yang juga bekerja sebagai koordinator penjualan salah satu merek ponsel di Asahan ini.

Dalam gambar foto selfie yang dibagikan tersebut, pelaku tampaknya sudah mempersiapkan diri dengan matang sebelum melakukan aksi pencurian dengan memakai masker dan topi agar wajahnya tidak mudah dikenali.

Sementara itu, dalam postingan tersebut nettizen lain banyak mengomentari modus baru cara pencurian yang dilakukan pelaku.  Bahkan beberapa ada yang hampir punya pengalaman serupa terkait aksi tersebut.

“Pelakunya hampir sama kyak di toko ku tadi bang. Cuma gak dapatnya dia langsung pigi bilang ambil uang” tulis akun Fanesa Cory Andrianisyah. (per/rah)