News

Puluhan Rumah Rusak Dihantam Puting Beliung

KISARAN, FaseBerita.ID – Hujan deras disertai angin puting beliung memporakporandakan sejumlah rumah di Desa Suka Makmur Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan, Jumat (14/6/2019) malam. Kejadian itu berlangsung sekitar satu jam.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Asahan melaporkan ada lima dusun yang terdakmpak dalam musibah itu. Belasan rumah rusak. Di antaranya ada yang tertimpa pohon dan atap rumah warga terbang ditiup angin kencang.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Asahan Khaidir Sinaga mengatakan, pihaknya telah melakukan pendataan terkait peristiwa itu. Hingga Sabtu (15/6/2019) dampak dari peristiwa tersebut sebanyak 11 rumah dan dua kandang ternak mengalami kerusakan.

“Peristiwa puting beliung membuat tiga rumah rusak sedang, delapan rumah rusak ringan, dan masing-masing kandang ternak mengalami rusak berat dan rusak sedang,” ungkap Khaidir.

Selain itu, peristiwa alam tersebut membuat puluhan tanaman yang berada di sekitar lokasi tumbang, serta terputusnya aliran listrik melanda empat titik lokasi.

Sehingga membuat aktifitas warga yang rumahnya terdampak sempat terganggu.

“Korban tidak ada. Hanya saja kerugian material akibat bencana itu ditaksir mencapai Rp106 juta,” ujarnya.

Tim dari BPBD Asahan telah selesai mengevakuasi dan membersihkan pohon yang tumbang dan menimpa bangunan milik warga. Selanjutnya tim melakukan kaji cepat dampak serta kerusakan di lokasi kejadian.

“Kami sudah menyerahkan bantuan logistik untuk memenuhi kebutuhan dasar kepada korban yang terdampak. Situasi di lokasi sudah aman terkendali. Warga yang rumahnya rusak juga sudah bisa menempati tempat tinggalnya masing-masing,” sebutnya. (Per)