News

Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Ikuti Royal English Competition 2019

KISARAN, FaseBerita.ID – Sekolah Tinggi Manajemen Informatikan dan Komputer (STMIK) Royal tetap berupaya meningkatkan kompetensi mahasiswanya. Salah satunya dalam bidang penguasahaan bahasa asing lewat event Royal English Competition 2019.

Kegiatan tersebut sudah rutin dan menjadi kalender kerja sejak tiga tahun terakhir. Puluhan mahasiswa, dan pelajar ikut ambil bagian mengikuti lomba bahasa Inggris tersebut yang dilaksanakan selama dua hari yakni mulai tanggal 23-24 April 2019.

“Antusias mahasiswa terbilang cukup positif mengikuti Royal English Competition 2019. Dalam kesempatan ini juga dilibatkan para pelajar. Mereka tidak hanya datang dari kampus yang ada di Asahan. Namun juga ada yang dari Tanjungbalai dan Batubara,” kata Iin Almeina Lubis MS, Kordinator kegiatan saat berbincang dengan wartawan, Jumat (26/4).

Selain antusias yang cukup positif dari para mahasiswa, adapun tujuan dari penyelenggaran tersebut dimaksudkan supaya bertambahnya kemampuan mahasiswa dalam bidang penguasaan bahasa Inggris. Sebab di STMIK Royal, mata kuliah Bahasa Inggris tidak begitu menjadi favorit bagi mahasiswa, jika dibandingkan dengan pelajaran pemograman lainnya.

“Harapan kami, ini bisa menjadi momentum bagi mahasiswa yang selama ini sebenarnya punya potensi berbahasa Inggris yang baik. Dengan adanya kompetisi seperti ini mereka menjadi semakin terlatih untuk mempelajari bahasa Internasional,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua STMIK Royal Kisaran melalui wakil ketua I Bidang Akademik Dr M Irfan Fahmi SKom MKom menambahkan, kedepannya kompetisi kecakapan skill berbahasa seperti ini tetap akan mereka pertahankan dan menjadi kalender kerja aktif setiap tahunnya.

Dikatakannya, penguasaan bahasa asing saat ini menjadi suatu hal yang mutlak harus dikuasai oleh mahasiswa memasuki era digital 4.0. Bahasa Inggris, sebut Irfan dapat dijadikan modal penguasaan dasar yang bagus bagi para mahasiswa selepas mereka selesai kuliah dan terjun di masyarakat.

“Pada intinya penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggis, dijaman sekarang sudah harus menjadi kebutuhan setiap orang. Apalagi mahasiswa STMIK Royal sangat dekat dengan istilah dan bahasa perangkat lunak yang semuanya itu menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan ini sangat positif secara terus menerus diadakan. Kami berharap kemauan serta minat mahasiswa menyukseskan event seperti ini semakin meningkat,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tesebut tingkat pelajar di kategori Spelling,Dinda Rizki SMA N 2 Kisaran meraih juara I kemudian kategori Strory Telling pelajar dari SMA N 1 Tanjungbalai atas nama Nurul Hafizal menjadi juara I pula.

Sementara itu, kategori spelling mahasiswa dimenangkan oleh Ainum Mardiah, dan Stry Teliing dimenangkan oleh Waode Diyah serta Surya Gusti menjarai essay wriing. (Per)