News

PT STTC Salurkan Bantuan untuk Jemaat Gereja dan Mesjid Terdampak Covid-19

SIANTAR, FaseBerita.ID –PT Sumatra Tobacco Trading Company (STTC) Pematangsiantar memberikan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak covid-19, baik melalui lembaga gereja, masjid, lembaga sosial, maupun bantuan langsung ke keluarga terdampak.

Erdy Wienata bagian Humas PT STTC mengatakan, hal ini dilakukan karena pimpinan PT STTC Edwin Bingei Purba Siboro merasa terpanggil untuk berbagi kepada msayarakat yang terdampak secara ekonomi akibat pandemic covid-19.

“Kita mengandeng lembaga gereja dan masjid untuk menyalurkan bantuan di Siantar maupun Simalungun, mudah-mudahan sedikit membantu warga,”kata Erdy kepada media, Jumat (15/5/2020) seusai memeriksa data penyaluran bantuan dari PT STTC.

Bantuan sosial PT STTC kepada warga terdampak Covid-19 mendapat aspresiasi dari masyarakat kota Pematangsiantar, bahwa kepedulian PT STTC sangat dibutuhkan, karena banyak masyarakat yang sulit memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

“Terimakasih atas bantuan PT STTC, yang peduli terhadap kebutuhan masyarakat terdampak Covid19,”kata Pdt K Siregar, Pendeta HKBP Siantar Kota jalan Sangnaualuh Pematangsiantar.

Pdt K Siregar mendoakan agar pimpinan PT STTC Edwin Bingei Purba Siboro serta keluarga sehat-sehat serta ditambahkan rejekinya, sehingga semakin banyak warga Siantar yang nantinya dibantu.

“Yah kami doakan pimpinan PT STTC sehat-sehat, dan kita doakan juga Virus Covid ini cepat berlalu, sehingga kehidupan kita normal kembali,”jelas Pdt K Siregar seraya menjelaskan, bahwa dari 350 Kepala keluarga jemaat HKBP Siantar kota, ada 150 yang benar-benar terdampak kesulitan perekonomian.

Ditempat terpisah, H Sofyan Lubis pengurus Masjid Jamik Assadah jalan Siatas Barita Pematangsiantar juga mengungkapkan terimaksih atas bantuan yang diberikan PT STTC.

“Kami sangat berterimaksih atas bantuan PT STTC Bantuan ini sangat tepat sekali, dimana saat ini warga Masjid di jalan Siatas barita ini sangat membutuhkannnya,”ujar H. Sofyan.

H Sofyan juga mendoakan, agar pimpinan PT,STTC dan seluruh staf/karyawan sehat-sehat semua, sehingga PT STTC dapat terus beroperasi dan berdampak positif bagi masyarakat.

“Kami telah menerima bantuan PT. STTC bersama perangkat daerah, baik tokoh masyarakat dan lurah, kami doakan bantuan yang diberikan bermamfaat bagi saudara-sauadara kita yang benar-benar membutuhkan, terimakasih sekali lagi untuk bapak Edwin Bingei yang telah peduli terhadap masyarakat kelurahan Tomuan, khususnya jemaah Masjid Assadah,”kata H Sofyan, seraya menyebutkan bahwa jemaah di Masjid Assadah ada sekitar 500 kepala rumah tangga.

Ketua tim bantuan PT STTC Peduli terhadap Covid-19 Elie Silalahi dan Ahmad kepada media ini mengatakan, adapun bantuan yang diberikan pihak PT STTC adalah beras 10 kg/KK, ada sebagian bingkisan, uang tunai untuk Masjid dan gereja.

“Ada 600 lebih paket yang kita salurkan kewarga Siantar maupun Simalungun, baik di Masjid, Gereja, maupun langsung kerumah warga. Dan ada beberapa keluarga yang kurang mampu juga mendapat paket bantuan ini, termasuk yang sakit stroke dan jompo,”kata Elie Silalahi, diamini Ahmad.

Adapun warga Siantar maupun Simalungun yang dibantu pihak PT STTC Peduli adalah 9 Masjid dan 13 Gereja di antaranya Mesjid Darul Azhar Jalan Aman, Mesjid Al Huda Jalan Medan, Mesjid Rudin Al Karim Kelurahan Tambun Nabolon, Mesjid Baiturrahim Tambun Nabolon. Kemudian mesjid Al Ikhlas Jalan Palangkaraya, Mesjid Jamik Assa’idah Jalan Siatas Barita. Kemudian berlanjut ke Mesjid Al Ikhlas, mesjid At Taqwa di Nagori Silau Malaha Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun.

Demikian juga warga gereja yang dikunjungi tim bantuan PT STTC Peduli adalah Gereja Batak Karo Protestan (GBKP) Runggun Rambung Merah Jalan Lau Cimba Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Gereja HKBP Parsaoran Nauli di Jalan Sentosa, Gereja GKPS Ksatria di Jalan Siantar Timur, Gereja GPDI Peniel Jalan Ksatria Lorong 29 BDB. Gereja HKBP Siantar Timur di Lorong 31 BDB, Gereja Katolik Stasi Termin di Jalan Pdt Justin Sihombing, Gereja HKBP Siantar Kota di Jalan Sangnaualuh, Gereja HKBP Tomuan di Jalan Siatas Barita, dan terakhir ke Gereja HKBPP Immnuel Tomuan di Jalan Dalil Tani.

Untuk mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid-19, sebelumnya pihak PT STTC juga membantu warga Siantar penyaluran peralatan dan cairan disinfektan untuk masyarakat di sekitar perusahaan, baik melalui Lurah dan Camat, maupun ke masyarakat langsung.

STTC juga memberikan bantuan masker ke Puskesmas-puskesmas yang ada dikota Pematangsiantar, dan yang terakhir membantu pengadaan masker dan strelilizer box ke instansi Pemerintah, TNI, maupun Polri.(rel)