News

Psp dan Tapsel Terima Penghargaan Kota dan Kabupaten Layak Anak

FaseBerita.ID – Kota Padangsidimpuan (Psp) dan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) berbangga. Dua daerah di wilayah Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel) ini, menorehkan prestasi di kancah nasional dengan menerima penghargaan sebagai Kota dan Kabupaten Layak Anak.

Untuk Kota Padangsidimpuan (Psp), Walikota Irsan Efendi Nasution SH menerima penghargaan Kota Layak Anak Predikat Pratama di acara Peringatan Hari Anak Nasional, di Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (23/7/2019).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise. Pemberian Penghargaan Kota Layak Anak kepada Walikota Padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution SH dilakukan di Hotel Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar.

“Penghargaan Kota Padangsidimpuan sebagai Kota Layak Anak (KLA) ini menjadi tanggung jawab kita semua agar terjaga kesinambungannya dan semakin baik. Sebab, keberhasilan ini merupakan atas upaya dan kerja keras semua pihak dalam mewujudkan Padangsidimpuan sebagai Kota Layak Anak,” kata Irsan Efendi Nasution.

Orang nomor 1 di Padangsidimpuan ini juga menyebutkan agar semua pihak terkait tetap menjaga dan merawat tanggungjawab dalam mewujudkan secara nyata Kota Layak Anak di Kota Padangsidimpuan.

“Saya memaknai penghargaan ini sebagai tanggung jawab yang harus ditunaikan. Karenanya mohon doa dan kerja sama semua pihak, agar dapat kita wujud nyatakan disemua sektor pelayanan agar keberadaan anak senantiasa jadi pertimbangan dan kajian yang harus diakomodir dalam berbagai program,” tuturnya.

Sementara itu, sebanyak 247 kabupaten/kota meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA). Ratusan daerah tersebut mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak (KLA) 2019.

Pemberian penghargaan digelar di Hotel Sheraton, Jalan Andi Djemma, Makassar, Selasa (23/7). Menteri PPPA Yohana Yambise langsung memberikan penghargaan tersebut.

“Program kami, pemberdayaan perempuan, 24 indikator harus diimplementasikan kepala daerah, mulai gubernur dan wali kota. Kalau mencapai indikator, kriteria akan mendapat penghargaan,” kata Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise setelah acara pemberian penghargaan.

Tapsel juga Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

Pemerintah Kabupaten Tapsel juga meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise di Hotel Sheraton, Kota Makassar, Selasa (23/7/2019) lalu.

Penghargaan tersebut, diterima Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu diwakili Wabup Tapsel H Aswin Efendi Siregar.

Wakil Bupati Tapsel H Aswin Efendi Siregar juga menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Republik Indonesia, Yohana Susana Yembise.

Kepada awak media via selulernya, Aswin mengatakan, merupakan suatu kebanggan dan kehormatan bagi Kabupaten Tapsel atas penerimaan penghargaan KLA tersebut. Sekaligus, menjadi bukti nyata bahwa Pemkab Tapsel bersama instrumen yang ada didaerah sangat peka dengan pembangunan generasi, diusia emas. Karena, pembangunan generasi merupakan bagian dari upaya mewujudkan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera.

“Penghargaan ini adalah wujud kerja cerdas semua pihak di Tapsel, guna memastikan bahwa upaya dan proses menuju Kabupaten Layak Anak terus dilakukan,” sebutnya usai menerima penghargaan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak Kabupaten Tapsel Tiorisma Damayanti menyebut, dengan penghargaan tersebut, Pemkab Tapsel akan terus meningkatkan komitmen. Dengan terus melakukan berbagai upaya, agar hak anak dapat terwujud secara paripurna didaerah itu.

Di antaranya dengan merancang kebijakan berupa Perda perlindungan ataupun upaya pelibatan seluruh stakeholders, untuk berperan aktif menjadi pelindung anak. Tentunya dari perlakuan yang menyimpang, aktivitas eksploitasi, dan tindakan kekerasan, termasuk bullying.

“Kita sudah punya komitmen, dan akan terus kita tingkatkan, karena merpakan bagian untuk mewujutkan Tapsel yang sehat, cerdas dan sejahtera,” sebutnya.

Selain itu, Pemkab Tapsel juga sangat serius untuk mewujudkan perlindungan anak dan perempuan didaerah itu. Di antaranya, pada 2018 lalu telah diterima APE dan dilanjutkan dengan KLA. Sehingga, penerimaan kedua penghargaan ini, menjadi indikator, semakin baiknya perlindungan anak dan perempuan di daerah itu. (bsl/ran)