News

Proyek Rp7 M di Pemkab Simalungun Roboh

RAYA, FaseBerita.ID– Bangunan tembok penahan yang masih dalam pengerjaan di komplek SKPD Pemkab Simalungun, tepatnya di depan Kantor BPMN Simalungun, patah dan roboh, Sabtu (20/3). Proyek yang kabarnya bernilai Rp7 miliar ini masih dalam proses pengerjaan oleh PT Batu Ara Mulia.

Pantauan wartawan, ada beberapa titik bagian tembok yang patah dan jebol. Setelah kejadian tembok jebol tersebut, pengerjaan tetap dilanjutkan. Namun, lokasi bagian atas ‘diamankan’ dengan dibangunnya pembatas yang terbuat dari tepas bambu.

Seorang pria bermarga Saragih yang berada di lokasi menjelaskan, diduga di bagian pondasi ada pergeseran tanah. Akibatnya bangunan patah di beberapa titik. Kontraktor yang disebut beralamat kantor di Jakarta itu, akan membangun kembali tembok tersebut.

“Pengerjaan perbaikannya akan menambah waktu dan biaya. Tokenya (kontraktor, red) pusing,” katanya.
Ditambahkan Saragih, curah hujan dalam beberapa hari terakhir yang cukup tinggi diduga menjadi penyebab tanah di pondasi jadi labil. Apalagi memang tanah di lokasi memang rawan longsor. Tanah timbunan untuk pengisi tembok, menyerap air dan mengakibatkan beban tembok bertambah.

Pelaksana Tugas Kepala.Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Simalungun Fritz Ueki Prapanca Damanik belum berhasil dikonfirmasi terkait proyek ini.(esa/fabe)