News

Presiden Jokowi Sambut Raja Belanda Tatap Masa Depan tanpa Lupakan Sejarah

FaseBerita.ID – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana menerima kunjungan Raja Belanda Willem-Alexander beserta Ratu Maxima di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3). Saat tiba di Istana Bogor, Raja dan Ratu Belanda langsung disambut oleh anak-anak berpakaian adat yang membawa bendera RI dan Belanda.

Setelah prosesi acara kenegaraan, Jokowi mengajak Raja Willem berbincang-bincang di beranda Istana Bogor, menanam pohon cendana, melakukan pertemuan bilateral dan menggelar konferensi pers bersama. Menurut Jokowi, Indonesia berkomitmen untuk memperkukuh hubungan bilateral dengan Belanda.

Hubungan antara kedua negara harus bertujuan pada sikap saling menghormati kedaulatan, integritas, wilayah dan saling menguntungkan.

“Kunjungan Sri Baginda akan dicatat oleh sejarah sebagai kunjungan yang bersahabat, produktif, menatap masa depan, tanpa harus melupakan sejarah masa lalu,” kata Jokowi.

Sekadar informasi, Raja Belanda Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan berada di Indonesia hingga Jumat (13/3). Bagi Raja Willem, lawatannya ke Indonesia merupakan yang pertama sejak mewarisi takhta dari Ratu Beatrix pada April 2013.

Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyebut Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima membawa serta hampir 200 pengusaha dalam kunjungannya. Raja Willem juga ditemani oleh empat menterinya, yaitu Menteri Luar Negeri Stef Blok, Menteri Perdagangan dan Pembangunan Luar Negeri Sigrid Kaag, Menteri Infrastruktur dan Manajemen Air Cora van Nieuwenhuizen dan Menteri Kesehatan dan Olahraga Bruno Bruins.

Bagi Indonesia, Belanda merupakan negara investor terbesar dari Uni Eropa dengan nilai investasi mencapai USD2,09 miliar pada 2019. Indonesia dan Belanda juga bekerja sama dalam perdagangan dengan nilai lebih dari USD4 miliar pada tahun lalu.

Kedua negara juga menjalin kerja sama di bidang pertanian, layanan kesehatan, perlindungan pantai dan teknologi maritim, dan ekonomi sirkuler dan teknologi air. Adapun dalam kunjungan Raja Willem kali ini, Indonesia dan Belanda akan berfokus pada penguatan kerja sama di bidang ekonomi, pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan pariwisata.

Selama berada di Indonesia, Raja dan Ratu Belanda juga akan mengunjungi daerah selain Jakarta Bogor. Raja Willem akan mengunjungi Yogyakarta, Palangka Raya, dan Danau Toba. (tan/jpnn)

USI