News

PPK-USI Gandeng ECC Yogyakarta: Online Workshop Career Upgrading Self Value

FaseBerita.ID – Pandemi Virus Corona (COVID-19) yang sedang melanda dunia termasuk Indonesia, tidak langsung membuat berhenti aktivitas bagi lembaga yang memberikan pelayanan kepada publik seperti perguruan tinggi.

Perguruan Tinggi juga harus membuat terobosan, kreatif dan berinovatif menggunakan informasi teknologi yang sangat pesat perkembangannya saat ini.

Sekaitan dengan itu maka untuk tetap memberikan pelayanan pembelajaran kepada mahasiswa dan alumni USI dalam suasana pandemi COVID-19,  Pusat Pengembangan Karir Universitas Simalungun (PPK-USI) menggandeng Enginering Career Center (ECC) Yogyakarta, suatu lembaga  berkelas internasional yang khusus bergerak dalam bidang pelayanan career SDM Indonesia menggelar  acara “Online Workshop Career Upgrading Self Value”.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Senin (20/4) Pukul 09.00-11.30 WIB dengan menggunakan aplikasi zoom pada HP atau laptop secara gratis yang difasilitasi oleh ECC.

Semua peserta whorkshop berada di tempat masing-masing mengikuti acara mulai dari awal sampai akhir.

Acara diawali dengan kata pengantar dari Ir Mustafa Ginting MSi selaku kepala PPK USI kemudian kata sambutan dari Ketua Pengurus Yayasan USI selanjutnya  bimbingan dan pengarahan sekaligus pembukaan oleh Rektor USI. Setelah itu dilanjutkan presentase materi acara oleh tim ECC.

Mustafa Ginting dalam kata pengantarnya mengatakan, USI merasa bangga dan terhormat atas kesediaan dan fasilitas yang diberikan ECC sehingga teralisasi acara spektakuler ini. Hal ini mengingat USI merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang berada di daerah luar kota provinsi.

Sehingga melalui acara ini sudah barang tentu USI naik popularitasnya, karena event seperti ini pertama dan satu-satunya diselenggarakan perguruan tinggi di luar Pulau Jawa.

“Untuk itu kami sampaikan penghargaan setinggi tingginya dan ucapkan banyak terima kasih kepada ECC bersama timnya khususnya kepada mas Nurhadi Irbath, Mbak Ria Aprilia dan Mbak Tita Anwar sebagai narasumber dalam acara ini. Harapan kami kiranya kerjasama ini bukanlah pertama dan bukan pula yang terakhir bahkan hubungan kita semakin harmonis dan semakin mesra dimasa yang akan datang,” kata Mustafa Ginting.

Kepada mahasiswa dan alumni agar benar-benar memanfaatkan momentum dan kesempatan ini sebaik-baiknya karena materi yang disampaikan pernah diberikan di bangku kuliah.

Sementara Ir Amsar Saragih MM, Ketua Pengurus Yayasan USI dalam kata sambutannya mengatakan, Yayasan Universitas Simalungun sangat mengapresiasi atas terselanggaranya acara ini.

“Kiranya kerjasama antara USI dengan ECC yang digagasi Mustafa Ginting Kepala PPK USI ini tetap berlanjut sebab kami tahu mas Nurhadi sudah banyak pengalaman di dunia bisnis pendidikan,” sebut Amsar Saragih.

Selanjutnya Dr Corry MSi Rektor USI dalam bimbingan dan arahannya mengatakan, luar biasa acara hari ini bisa bertemu langsung dengan para mahasiswa alumni USI walaupun sekali tidak bisa langsung bersentuhan.

Acara hari ini merupakan bukti bahwa USI tidak berhenti menjalanlan aktivitas di saat suasana pandemi COVID-19.

“Kami berupaya terus menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga lainnya dalam menggunakan teknologi untuk melaksanakan Tridaharma Perguruan Tinggi. Pada kesempatan ini saya selaku Rektor Universitas Simalungun mengucapkan banyak terima kasih kepada tim ECC khususnya buat mas Nurhadi Irbat, mbak Ria Aprilla dan mbak Tita Anwar atas kesediaannya sebagai narasumber pada kesempatan ini. Juga saya ucapkan terima kasih kepada Mustafa Ginting Kepala PPK USI yang bekerja keras menggagasi terealisasinya acara ini. Kepada mahasiswa dan alumni USI ikuti acara ini dengan sebaik-baiknya dan gali ilmu sebanyak-banyaknya dari narasumber sebagai bekal kamu nanti melamar pekerjaan,” kata Coyry

Narasumber pada acara ini adalah Nurhadi Irbath seorang career & business coach dan founder ECC, Ria Aprilia dan Tita Anwar sebagai psikolog plus career coach ECC.

Materi yang disampaikan adalah prinsip seleksi karier, bagaimana memahami passion, termasuk kekuatan dan kekurangan diri, menemukan perusahaan dan posisi yang sesuai dengan passion, membuat upgrading plan, mendesain personal branding, membuat cover letter dan curriculum vitae (CV) dan latihan interview.
Intinya materi yang disampaikan merupakan bimbingan, pembekalan dan mempersiapkan mahasiswa dan alumni USI memasuki dunia kerja.

Selesai presentase narasumber menjawab semua pertanyaan yang disampaikan peseta melalui fitur chat di everyone yang terdapat pada aplikasi zoom.

Di akhir sesi narasumber memberikan 2 tantangan kepada peserta yaitu online competition dengan online quiz with kahoot, dan tantangan membuat caption di Instagram.

Peserta whorksop ada sebanyak 100 orang mahasiswa tingkat akhir dan alumni USI sesuai dengan kapasitas quota zoom dari ECC. Dari sisi peserta ini yang paling menggembirakan yang mana ada alumni USI yang baru selesai melaksanakan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di BUMN PT Jasa Raharja di Palangkaraya Kalimantan Tengah yang tidak bisa pulang karena Virus Corona.

Samuel Simangunsong, salah satu peserta mengatakan sangat-sangat termotivasi dengan acara ini. Hal senada disampaikan Nova dan menyampaikan sangat bermanfaat mengisi waktu luang dalam pandemik covid-19.

Peserta lainnya mengatakan acara ini betul-betul berkualitas dimana materi dan narasumbernya oke banget.

“Materi yang diberikan adalah kebutuhan kami alumni yang sedang mencari kerja saat ini. Harapan kami kiranya PPK USI terus berkarya, berinovasi membuat event-event seperti ini, terima kasih PPK USI, terima kasih ECC,” kata mereka. (rel)