News

Polres Tobasa Lakukan Penanaman Pohon Macadamia

Wujud Keikutsertaan Menjaga Lingkungan Hidup

TOBASA, FaseBerita.ID – Dalam menyambut HUT Bhayangkara Ke-73, Kepolisian Resort Toba Samosir (Polres Tobasa) lakukan berbagai kegiatan seperti anjangsana ke Panti Asuhan dan berikan bantuan simbolis, bhakti kesehatan kunjungi personil yang sakit, olahraga bersama dengan Pemkab, insan pers dan masyarakat dan kegiatan lainnya.

Hari ini, Senin (1/7/2019) Polres Tobasa juga lakukan penanaman pohon Macadamia di areal Mapolres Tobasa Kecamatan Porsea Kabupaten Toba Samosir. Selain menjadi pohon penghijauan, buah pohon Macadamia ini juga bisa dimakan.

Diketahui, tumbuhan Macadamia adalah merupakan tanaman pohon berbuah kacang dan disebut kacang Macadamia. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian tempat di atas 600 M dpl, sehingga sesuai dikembangkan di DTA Danau Toba sebagai tanaman penghijauan dan peningkatan pendapatan masyarakat.

Adapun syarat tumbuhnya Macadamia dengan ketinggian 600 Mdpl, di lahan kering namun memiliki banyak air tanah serta tidak tergenang. Tanah vulkanis yang gembur, range suhu 15°C hingga 25°C dan tidak tahan pada suhu udara pada 10°C. Macamadia mulai dapat dipanen pada umur lima tahun sejak tanam dan jatuh sendiri dari pohonnya.

Kapolres Tobasa AKBP Agus Waluyo menyampaikan bahwa penanaman pohon Macadamia adalah sebagai partisipasi dan keikutsertaan Polri dalam menjaga keselamatan hutan dan melestarikan lingkungan hidup di Provisinsi Sumatera Utara dan secara khusus di Kabupaten Toba Samosir.

“Ini kita lakukan sebagai wujud keikutsertaan Polri dalam menjaga kelestarian hutan dan lingkungan hidup. Secara khusus Kabupaten Toba Samosir ini. Juga sebagai tanaman penghijauan di areal Mapolres ini,” imbuhnya.

Dalam kegiatan penanaman pohon Macadamia ini turut dihadiri oleh para PJU Polres Tobasa dan perwira Polres Tobasa. (os)