News

Polres Taput Tangkap Tiga Pengedar Uang Palsu

TAPUT, FaseBerita.ID – Personel Polres Tapanuli Utara menangkap tiga tersangka pengedar uang palsu, masing-masing PS (34) warga Pangaloan Desa Sigurunggurung Kecamatan Pahae Jae, JM (38) warga Pasar Onan Joro Desa Pardomuan Nainggolan, Kecamatan Pahae Jae dan LM (31) warga Jalan Ferdinand Lumban Tobing Kecamatan Tarutung.

Peranan ketiga tersangka di antaranya, PS mengedarkan uang palsu sementara JM mengedarkan dan menyimpan uang palsu. Kemudian LM juga bertugas mengedarkan uang palsu.

Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen menceritakan, pada hari Kamis (15/8/2019) sekira pukul 03.00 WIB lalu, PS mengedarkan uang palsu pecahan Rp50 ribu di Huta Sampilpil Desa Silangkitang, Kecamatan Pahae Jae. Dan uang palsu yang sempat diedarkan PS sebanyak Rp335 ribu.

Menurut pengakuannya, uang tersebut diperoleh dari JM dengan cara membelinya sebanyak Rp1 juta dan dibayar dengan harga 30 persennya saja. Namun diterangkan, uang pembelian itu belum dibayarkan PS.

Sedangkan JM memeroleh uang palsu dari tersangka E (DPO) dengan perantara LM. Uang palsu senilai Rp5 juta yang didapat tersangka JM dibayar dengan harga Rp1 juta saja kepada E.

“Tersangka PS mengedarkan uang palsu dengan cara membeli beberapa bungkus rokok di kedai milik Nurmala Simatupang dan Sahrani Dwanti Pane,” sebut Kapolres Horas Silaen, Jumat (16/8/2019) lalu.

Lanjut Kapolres, adapun barang bukti yang didapat dari PS yaitu 4 lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu, 27 lembar uang pecahan sebanyak Rp5 ribu. Sementara dari JM 14 lembar uang palsu pecahan Rp5 ribu dan dari tersangka LM nihil.

Sedangkan korban Nurmala Simatupang (63) warga Huta Sampilpil Desa Silangkitang Kecamatan Pahae Jae dibantu dengan saksi SDP dan JG sudah melaporkan kejadian dengan laporan polisi nomor: LP/13/VIII/2019/SU/RES TAPUT/SPKT tertanggal 15 Agustus 2109.

Adapun pasal yang dikenakan kepada para tersangka yakni pasal 36 ayat (3) UU RI no 7 tahun 2011 serta pasal 245 dari KUHPidana, maksimal ancaman hukumannya 15 tahun penjara. (as)