News

Polres Tanjungbalai Didesak Musnahkan Knalpot Blong Hasil Razia

TANJUNGBALAI, FaseBerita.ID – Personel Satlantas Polres Tanjungbalai diminta memusnahkan knalpot racing (blong) hasil razia rutin yang digelar Satlantas Polres Tanjungbalai. Hal ini ditegaskan Ketua ANJ Indonesia Nazmi Hidayat Sinaga saat dikonfirmasi wartawan, Sabtu (23/3).

Dikatakannya, mengungkapkan penggunaan knalpot racing sangat identik dengan balapan liar. Sebab, suara yang dikeluarkan dari knalpot blong tersebut dapat memacu adrenaline di lintasan. “Banyak masyarakat melakukan modifikasi terhadap kendaraannya terutama pada knalpot untuk melaju di jalan raya, tanpa terkecuali di Kota Tanjungbalai,” sebutnya.

Banyaknya keluhan masyarakat disertai pengaduan di Mapolres Tanjungbalai terkait aksi balap liar di seputaran Jalan Sudirman Kota Tanjungbalai direspon positif Kasat Lantas Polres Tanjungbalai, dengan menggelar razia balapan liar dan knalpot blong untuk mencegah terjadinya kecelakaan. Razia rutin ini berhasil mengumpulkan knalpot-knalpot racing dari berbagai jenis kendaraan yang beradu di jalan raya (Jalan Sudirman Tanjungbalai).

Akan tetapi, knalpot racing yang disita dalam razia rutin itu saat ini diduga tidak jelas keberadaannya, apakah dimusnahkan atau dikembalikan. Seyogyanya, untuk meminimalisir penggunaan knalpot tersebut, pihak Polres Tanjungbalai melalui Satlantas Polres Tanjungbalai harus melakukan pemusnahan terhadap knalpot racing hasil razia rutin beberapa bulan terakhir, sebagai pembelajaran serta memberikan efek jera bagi pengguna.

“Maka untuk menyikapi hal itu, kami mendesak Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai cq Kasatlantas AKP Pandapotan Butarbutar untuk segera melakukan pemusnahan terhadap knalpot racing hasil razia rutin beberapa bulan lalu, sebagai bukti bahwa tidak ada indikasi permainan dalam melakukan razia tersebut seperti yang terhendus di tengah-tengah masyarakat, serta dapat memeberikan efek jera bagi pengguna knalpot yang jelas mengganggu ketenangan masyarakat, sebab tidal sesuai pada tempatnya,” tegas Nazmi Hidayat Sinaga.

Kapolres Tanjungbalai AKBP Irfan Rifai melalui Wakapolres Kompol Edi Bona  Sinaga saat dikonfirmasi wartawan via Whatsapp (WA) mengungkapkan, akan mencek lagi seberapa banyak jumlah knalpot blong yang dirazia itu.

“Nanti kita cek lagi sudah berapa banyak ya. Tentang pemusnahan knalpot blong belum ada kita rencanakan, broo,” sebut Edi.

Hal senada juga dikatakan Kasat Lantas Polres Tanjungbalai AKP Pandapotan Butarbutar, melalui KBO Satlantas Polres Tanjungbalai Iptu B Ginting. “Belum Mas, nanti kami koordinasi dulu dengan Kasat dan instansi terkait,” ungkapnya. (ck-04/ahu)

iklan usi