News

Polres Siantar Mulai Operasi Patuh Toba 2021

SIANTAR, FaseBerita.ID-Polres Pematangsiantar memulai pelaksanaan Operasi Patuh Toba. Pelaksanaan operasi ditandai dengan apel Gelar Pasukan dipimpin Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar SIK, di lapangan apel, Senin (20/9) pukul 08.00 WIB. Sedangkan Perwira Apel Kasat Lantas AKP Muhammad Hasan SH MH, dan Komandan Apel Kanit Turjawali Sat Lantas Ipda P Manurung.

Kapolres Pematangsiantar AKBP Boy Sutan Binanga Siregar menyampaikan permasalahan di bidang lalu-lintas di Kota Pematangsiantar, dewasa ini telah berkembang cepat dan dinamis. Hal ini sebagai konsekuensi dari meningkatnya jumlah kendaraan bermotor dan populasi penduduk, yang tidak sebanding dengan perkembangan jumlah dan pembangunan infrastruktur jalan yang ada.

Selain itu, perkembangan transportasi telah menginjak era digital. Di mana operasional angkutan publik sudah semakin canggih, cukup menggunakan handphone. Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri, khususnya Polantas.

Dalam rangka meningkatkan keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran berlalu-lintas serta kepatuhan hukum masyarakat terhadap hukum dan perundang-undangan lalu-lintas, lanjutnya, Polres Pematangsiantar beserta jajaran menggelar “Operasi Kepolisian Kewilayahan Patuh Toba 2021” selama 14 hari, terhitung 20 September-3 Agustus 2021 dengan Pola Operasi Patuh Toba-2021 yang awalnya 80 persen kegiatan preemtif dan preventif serta 20 persen penegakan hukum diubah menjadi 100 persen tindakan simpatik dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

Ditambahkannya, pelaksanaan Operasi Patuh Toba 2021 mengedepankan preemtif dan preventif, dan pelaksanaan tugas lainnya mengikuti protokol kesehatan dalam rangka pencegahan/penularan Covid-19 di jalan, seperti kegiatan edukasi protokol kesehatan dan tertib lalu-lintas berupa bakti sosial, bagi masker, pemasangan stiker ‘Ayo Pakai Masker’, kegiatan pelayanan dan penyuluhan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan dan cara aman berlalu-lintas.

“Lakukan operasi ini sesuai prosedural, tidak arogan, dengan simpatik, dan humanis. Tingkatkan fungsi manajemen media untuk menciptakan opini publik yang positif, sehingga ketika masyarakat yang dilakukan penindakan dalam berlalu-lintas dapat mengerti dan memahami pelaksanaan kegiatan ini. Jadilah teladan dalam berlalu-lintas, untuk memberikan contoh yang baik dan benar kepada masyarakat. Selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian Mandiri Kewilayahan Patuh Toba-2021,” katanya.

Turut hadir, para Kabag, Kasat Samapta AKP Muri Yasnal SH, Perwira , 1 Pleton Barisan Ranmor R2 Dinas Sat Lantas Polres Pematangsiantar, 1 Pleton Barisan Gabungan Pers. Kodim 0207/SML dan Denpom I/1 Pematangsiantar, 1 Pleton Barisan Pers. Dinas Perhubungan Kota Pematangsiantar, dan 1 Pleton Barisan Pers. Satpol PP Kota Pematangsiantar.(rel/fabe)