News

Polres Batubara Musnahkan 6 Kg Sabu

FaseBerita.ID – Polres Batubara memusnahkan narkoba berjenis sabu dengan total berat 6.769 gram (6,769 kg), Rabu (15/4) dengan cara direbus. Setelah direbus sampai mendidih larutan haram itu kemudian dimusnahkan dengan dibuang ke dalam septictank.

Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis melalui Kasat Res Narkoba AKP Hendri DB Tobing, mengatakan barang bukti sabu yang dimusnah pertama 4.835 gram pihaknya menyisahkan 165 gram untuk keperluan laboratorium forensik, berdasarkan LP/131/III/2020/ Res.B.Bara, tanggal 19 Maret 2020.

Barang bukti ini berasal dari pengungkapan dan penangkapan dua tersangka oleh Satres Narkoba Polres Batu Bara pada Kamis 19 Maret 2020 sekitar pukul 16.00 Wib di Jalinsum Desa Perkebunan Dolok Kecamatan Lima Puluh tepatnya dirumah makan Binaria. Tersangka mengkelabui petugas dengan cara memasukkan sabu ke dalam bungkus teh cina merek Guangyiwing.

Selanjutnya, barang bukti kedua yaitu sabu-sabu seberat 1.934 gram dan disisihkan seberat 66 gram untuk keperluan laboratorium forensik sesuai dengan LP/142/III/2020/SU/Res.B.Bara, tanggal 25 Maret 2020.

Terpisah petugas kembali menangkap dua tersangka Bambang Irawan alias Bambang (37) warga Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau dan Sulaiman Sitepu (39) warga Kota Tebing Tinggi di wilayah Lima Puluh dengan barang bukti 2 kg narkoba jenis sabu dan di kemas dalam 2 bungkusan teh.

Pemusnahan disaksikan Wakapolres Batubara Kompol Abdul Muthalib, Kepala BNN AKBP Zainuddin, Kasubdit Labforensik Polda Sumut Kompol Debora Hutagaol, Kasipidum Kejari Batubara, Yugi Nugraha, Kasi Propam Polres Batubara Ipda Tagon Hutehean, kuasa hukum Ronald Pasaribu.

Sebelum dilakukan pemusnahan, barang bukti sabu-sabu lebih dulu diuji keabsahannya oleh tim laboratorium forensik Polda Sumut, dengan hasil positif methamphetamine. Di hadapan para pejabat, barang bukti kemudian dimusnahkan ke dalam air mendidih hingga menjadi larut lalu dibuang ke dalam septi tank.

Sebagaiman ditegaskan Kapolres Batubara AKBP Ikhwan Lubis, pihaknya tidak akan berhenti dan akan menumpas habis peredaran narkoba di wilayah hukum Batubara. Pemusnahan tersebut merupakan hasil tangkapan dalam waktu beberapa bulan terahir dengan sejumlah tersangka. (per)