News

Polisi Temukan Sabu dalam Casing HP, Warga Sibuluan Digelandang ke Polres

FaseBerita.ID – Personil Polres Sibolga mengamankan seorang pria dari samping sebuah warung di Jalan Abdul Rajab Simatupang, Kabupaten Tapanuli Tengah, Jumat (16/10) sekira pukul 20.00 WIB.

Ditemukan barang bukti berupa sabu di dalam sebuah casing HP rusak, yang diperoleh dari saku celana pria berinisial HS (43) tersebut.

Menurut keterangan polisi, HS yang diketahui merupakan warga jalan Prof Mr Dr M Hazairin, Kelurahan Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut sempat berusaha menghilangkan barang bukti saat ditangkap.

“Pada saat diamankan, HS membuangkan Sabu-sabu ke tanah,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi dalam keterangan persnya melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin, Rabu (11/11).

Tidak sampai disitu, polisi masih melakukan pengembangan dengan menggeledah rumah HS. Ditemukan barang bukti lainnya, juga berupa Sabu sebanyak 1 paket.

Kepada penyidik, pria yang pernah tinggal di Lingkungan III Sibuni-buni Kabupaten Tapanuli Tengah tersebut mengaku kalau Sabu tersebut milik temannya.

“Sabu diperoleh dari temannya dan disuruh menjualkannya. Aku mau kerja lae, mau ke laut. Mendengar itu HS menjawab, uangnya bagaimana dan berapa harganya. Temannya menjawab, nantilah itu lae kita bicarakan,” terang Sormin seperti pengakuan HS kepada penyidik.

Sebelum berpisah, keduanya sempat mengkonsumsi Sabu bersama di sebuah kuburan dekat rumah HS.

“Setelah selesai konsumsi sabu, temannya pun pamit. HS mengatakan, nanti kalau ada yang membeli kukabaripun,” tukasnya.

Sebelum ditangkap, ayah 9 anak tersebut sempat menjual Sabu kepada seseorang seharga Rp300.000. Namun, karena ukuran Sabu tidak sesuai dengan besaran uang yang diberikan, pembeli tersebut pun protes dan mengembalikan Sabu kepada HS.

“Sabu diletakkan di sebuah pondok. Si pembeli komplin, karena Sabu yang dipesan tidak sesuai. Si pembeli kemudian mengembalikan Sabu tersebut dengan cara melemparnya ke tanah. Setelah si pembeli pergi, HS pun ditangkap,” pungkasnya.

Usai menjalani pemeriksaan, HS kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga.

Diduga telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan Narkotika, tersangka dikenakan pasal 114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) dari Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009. Dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun. (ts)

iklan usi