News

Polisi Gerebek Pondok di Hutabarangan: Tiga Gram Sabu dan Ganja Diamankan

FaseBerita.ID – Personil Satuan Resnarkoba Polres Tapanuli Tengah kembali berhasil mengurangi laju peredaran narkoba di wilayah hukum Polres Sibolga. Tiga warga Sibolga diamankan dengan barang bukti tiga gram sabu-sabu dan satu gram ganja pada Kamis (12/3) pukul 10.00 WIB.

Kapolres Tapteng AKBP Sukamat melalui Paur Subbbag Humas Ipda Js Sinurat menjelaskan, penggerebekan yang dilakukan oleh tim Resnarkoba Polres Tapteng di sebuah pondok yang berada di Kelurahan Hutabarang, Sibolga Utara, itu berdasarkan informasi dari masyarakat sekitar yang mengatakan bahwa pondok sering dijadikan tempat kumpul para pemakai sabu dan ganja. Tak hanya itu, lokasi juga kerap dijadikan tempat transaksi narkotika jenis sabu.

Menanggapi informasi tersebut, Tim Opsnal Polres Tapteng langsung menuju lokasi. Setibanya di sana, polisi langsung melakukan pengecekan kebenaran informasi tersebut. “Ternyata informasi tersebut benar,” ujar Ipda Js Sinurat dalam pesan singkatnya, Minggu (15/3).

Lanjutnya, untuk memantau akatifitas yang dilakukan di dalam pondok tersebut, Tim Opnsal Polres Tapteng berjalan secara perlahan, kemudian mengendap dan bersembunyi di semak-semak guna melakukan pemantauan.

Dengan modal kesabaran dan bersembunyi di balik semak belukar selama kurang lebih satu jam, Tim Opsnal berhasil memantau aktifitas pondok yang digunakan sebagi tempat penggunaan dan peredaran narkoba yang didominasi kaum pria.

“Sesuai hasil pemantauan dari semak-semak yang tidak jauh dari pondok tersebut, Tim Opsnal Polres Tapteng melihat beberapa orang yang sedang asyik memegang bong yang digunakan sebagai alat hisap sabu dan juga membakar kaca pirex dengan menggunakan mancis.”

Melihat aktifitas yang tidak wajar tersebut Tim Opsnal bergerak secara perlahan dan berusaha melakukan penangkapan terhadap laki-laki yang ada di lokasi.

Kondisi yang awalnya semua laki-laki yang berada di dalam pondok tersebut terlihat duduk manis sambil menikmati sabu-sabu yang mereka konsumsi. Namun karena terkejut melihat Tim Opsnal yang menggerebek pondok, beberapa di antara pria itu berhasil kabur.

“Sempat terjadi aksi kejar-kejaran antara polisi dan penguna narkoba. Terakhir, tiga orang dari kawanan yang asyik menggunakan narkoba itu dapat ditangkap Tim Opsnal Polres. Ketiganya adalah REH (40) warga Kelurahan Sipange, Kecamatan Tukka, Tapanuli Tengah. Lalu JT (41) warga Jalan Murai Ujung, Kelurahan Aek Manis, Sibolga Selatan dan THS (32) warga Jalan IL Nomensen, Kelurahan Angin Nauli, Sibolga Utara,” katanya.

Dari hasil pemeriksaan di dalam pondok ditemukan barang bukti berupa alat hisap sabu (bong), dua plastik berisi sabu seberat 3 gram, satu plastik berisi ganja seberat satu gram, dua alat timbang digital, empat buku bon penjualan sabu, lima jarum suntik, tiga skop sabu terbuat dari pipet, tiga mancis, satu kaca pirex, tiga plastik klip berisikan angka dan satu buah bell.

Kemudian, Tim Opsnal melakukan penggeledahan badan terhadap laki laki tersebut, namun tidak ditemukan barang bukti dari ketiga orang yang ditangkap. guna penyelidikan lebih lanjut, ketiga pria tersebut dimankan di Mapolres Tapanuli Tengah. (tam)