News

Polisi Dalami Dugaan Uang yang Diterima Kivlan dari Habil Marati

JAKARTA, FaseBerita.ID – Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan, pemeriksaan terhadap tersangka atas dugaan kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan Zen, yang dilakukan, Sabtu (15/6/2019), guna menggali aliran dana.

“Tadi malam itu Pak Kivlan dilakukan pemeriksaan. Pemeriksaan itu sebagai saksi terhadap tersangka HM (Habil Marati), berkaitan dengan uang pemberian dari tersangka HM,” ujar Argo, di Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Sabtu (15/6.2019).

Menurutnya, penyidik mendalami perihal uang 15 ribu dolar Singapura (SGD) milik tersangka Habil Marati. Di mana, Habil disebut-sebut sebagai donatur eksekutor empat tokoh negara yang menjadi target pembunuhan.

“Ya tentunya kan kami mengadakan pada dasarnya berkaitan dengan kepemilikan uang 15 ribu dolar Singapura itu,” kata Argo. Sebelumnya, Kuasa Hukum Kivlan, Muhammad Yuntri, telah mengungkapkan pemeriksaan kliennya tersebut. Senada dengan Argo, ia juga mengaku kalau Kivlan diperiksa perihal dugaan penerimaan dana tersebut.

Kivlan diperiksa selama kurang lebih 5 jam, yakni mulai pukul 17.00 hingga 22.30 WIB. Yuntri mengatakan, dalam pemeriksaan tersebut penyidik menggali terkait dugaan penerimaan dana. Ia menyebut, sang klien dicecar sebanyak 11 pertanyaan oleh penyidik. Namun ternyata pemeriksaan tersebut masih belum rampung dan akan kembali dilanjutkan.

“Jadwalnya, besok kepastian dari penyidik. Karena disesuaikan dengan jadwal penyidik, jadwal penyidik juga cukup padat dan juga kondisi Pak Kivlan yang kambuh sakit giginya. Jadi belum tuntas BAP (berita acara pemeriksaan) nya tadi,” tutur Yuntri ketika dikonfirmasi terpisah, tadi malam. (int/pk)