News

Polisi Buru Bandar Tujuh Kilo Ganja di Siantar

FaseBerita.ID – Satnarkoba Polres Pematangsiantar masih memburu bandar pemilik 7 kilogram narkoba jenis ganja.

Dalam release pers yang digelar di Mako Polres Pematangsiantar, Kamis (25/6/2020), terungkap polisi berhasil menangkap 2 tersangka terkait 7 Kg lebih ganja berinisial FS (38) dan LH (35) dari tempat berbeda di Kota Pematangsiantar, Rabu (24/6/2020) malam sekira pukul 23.00 WIB.

“Dua tersangka berhasil kita amankan bersama barang bukti 7 Kg lebih ganja. Namun seorang bandar inisial PN sesuai keterangan kedua tersangka saat penangkapan itu berhasil kabur dan kini telah ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO),” ujar Wakapolres Pematangsiantar Kompol Dolok Panjaitan didampingi Kasat Narkoba AKP David Sinaga.

Dijelaskan Kompol Dolok Panjaitan, pengungkapan barang bukti 7 Kg ganja itu merupakan hasil pengembangan petugas setelah lebih dahulu meringkus seorang pengedar ganja berinisial FS dikediamannya di Jalan Rakutta Sembiring, Kelurahan Nagapita, Kecamatan Siantar Martoba.

Hasil penggeledahan, petugas mengamankan barang bukti kantong plastik kuning berisi 280 gram ganja, 4 bungkus ganja, 2 buah gunting, pisau cutter, 10 lembar potongan kertas nasi serta Hp dari dalam kamar rumahnya. Pengakuan tersangka saat diinterogasi, mendapatkan ganja itu dari seorang bandar inisial PN.

Selanjutnya petugas melakukan pengembangan dan berhasil meringkus satu tersangka lagi inisial LH di di Jalan Bah Bolon Kiri, Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara dan menyita barang bukti 1 paket ganja 0,35 gram.

Baca: Polres Siantar Sertijab PJU: Kompol Dolok Panjaitan Jabat Wakapolres

Tersangka mengakui barang haram itu didapatkannya dari inisial PN yang tinggal di salah satu rumah kontrakan dekat TPA Tanjung Pinggir, Jalan Rondahaim, Kelurahan Tanjung Pinggir, Kecamatan Siantar Martoba.

Namun saat penangkapan itu bandar inisial PN lolos melarikan diri sehingga petugas melakukan penggeledahan dan berhasil mengamankan 7 Kg ganja dari kediaman tersangka.

“Ada 7 Kg ganja kita amankan dari rumah bandar inisial PN yang masih diburu polisi,” terang Wakapolres.

5 Tersangka Kasus Sabu dan Ekstasi Dibekuk

Sementara tersangka terkait peredaran 1/2 Kg sabu dan 50 butir ekstasi inisial AR bersama empat rekannya A, W, L, dan AN juga dibekuk petugas Satnarkoba Polres Pematangsiantar, Selasa (9/6/2020).

Penangkapan itu usai kedua tersangka A dan W bertransaksi narkoba di Jalan Siak, Selasa (9/6/2020), bersama barang bukti dari dalam tas ditemukan barang bukti 1 paket sabu 0,38 gram, 1 buah bong terbuat dari pipa plastik, 1 buah pipa kaca bekas bakar, 1 buah sendok terbuat dari pipet, 3 buah potongan pipet dan 1 unit Hp.

Pengakuan kedua tersangka barang itu didapat mereka dari tersangka L tinggal di Jalan Viyatha Yudha, Kecamatan Siantar Sitalasari, Selasa (9/6/2020) dan berhasil menangkapnya bersama 1 buah kantongan warna oranye yang berisi 2 paket sabu seberat 0,88 gram, 1 bungkus plastik klip kosong, 1 buah jarum sumbu, 1 buah pipa kaca dan 1 buah kompeng karet dan dari tangan kirinya ditemukan 1 unit Hp merk Nokia.

Tersangka mengaku mendapatkan sabu itu dari pria inisial AN berhasil ditangkap bersama barang bukti berupa 5 lembar lipatan tisu yang di dalamnya ada sebuah pipa kaca pirex yang di dalamnya ada sisa pembakaran sabu, tutup botol yang ada pipetnya, 1 buah sendok yang terbuat dari pipet di belakang kamar kos tersangka dan mengaku mendapatkan sabu itu dari pria insial AR.

Tersangka AR pun akhirnya dibekuk petugas di Jalan Kasat saat mengemudi mobil miliknya. Dari hasil penggeledahan petugas dari dalam mobilnya ditemukan ada 1 bungkusan plastik indomaret yang di dalamnya ada 1 bungkusan plastik yang berisi sabu seberat 1/2 Kg dan 50 butir pil ekstasi dari kantungnya celananya serta 1 unit Hp merk Oppo dan uang sebanyak Rp 500 ribu.

Perihal sabu 1/2 Kg yang diamankan itu tadinya hendak diedarkan kemana, Kompol Dolok Panjaitan menerangkan sesuai pengakuan tersangka, mau diantarkan ke salah satu Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) di Sumatera Utara. (ros/fi)