News

Pohon Beringin Tumbang Dini Hari: Timpa Mobil, Jalinsum Lumpuh Total 12 Jam

TAPSEL, FaseBerita.ID – Akibat hujan dan angin kencang, pohon besar jenis beringin tumbang di Jalinsum Desa Palsabolas yang menghubungkan Tapanuli Selatan-Kota Padangsidimpuan, Selasa (16/7/2019) dini hari. Pohon tumbang menyebabkan jalan tertutup dan tidak bisa dilintasi selama 12 jam.

“Kejadian Selasa (16/7/2019) sekitar pukul 00.00 WIB, kondisi cuaca hujan deras dan angin kencang. Sehingga menyebabkan pohon besar yang sudah berusia tua tumbang dan menutup jalan,” ungkap Kalaksa BPBD Tapsel Ilham Suardi.

Akibat dari kejadian tersebut, menyebabkan arus lalulintas macet. Apalagi, jalan yang tertutup pohon merupakan Jalan Lintas Sumatera yang menghubungkan antar kabupaten dan kota di Tabagsel.

“Kondisi jalan macet total, karena situasi malam dan hujan. Jadi tidak bisa langsung dikerjakan,” kata Ilham.

Pagi hari, dibantu masyarakat, TNI, Polri dan petugas BPBD Pemkab Tapsel, pohon mulai dipotong menggunakan gergaji mesin dan badan jalan dibersihkan dari material menggunakan alat berat.

“Kurang lebih selama 12 jam jalan yang menghubungkan Tapsel, Padangsidimpuan dan Paluta akhirnya bisa dibersihkan. Alhamdulillah, sekarang sudah bisa dilintasi,” ucapnya.

Akibat kondisi tersebut, jalur lalulintas Tapsel-Pasangsidimpuan juga sempat dialihkan. Diatur polisi dan TNI, pengendara yang datang dari Padangsidimpuan diarahkan untuk melintasi Pargarutan Julu, menuju arah Komplek Perkantoran Bupati di Sipirok, begitu juga sebaliknya.

“Sebagian pengendara dialihkan untuk melewati jalur alternatif. Yang datang dari Sipirok dan Paluta masuk ke arah Komplek perkantoran Pemkab Tapsel dan keluar dari Desa Pargarutan Julu, Angkola Timur. Begitu juga sebaliknya untuk yang datang dari arah Padangsidimpuan,” ungkapnya.

Satu Mobil Tertimpa

Akibat dari kejadian tersebut tidak ada memakan korban jiwa, namun satu unit kendaraan warga yang sedang parkir hancur tertimpa pohon yang diperkirakan berusia ratusan tahun tersebut.

“Tidak ada korban jiwa, tapi ada satu kendaraan warga jenis pick up yang kebetulan sedang parkir tertimpa pohon. Dan setelah berhasil dievakuasi kondisinya hancur,” ujar Peltu W Naibaho, Bhabinsa setempat yang berada di lokasi.

Cerita Naibaho, kondisi jalan sudah dapat dilalui dan petugas dari TNI, Polri, Pemkab Tapsel dan warga masih terus melakukan pembersihan. “Kondisi jalan sudah aman. Meski belum lancar namun sudah bisa dilintasi semua jenis kendaraan,” pungkasnya. (yza)