News

PNS Jangan Ketinggalan Zaman

FaseBerita.ID – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana menginginkan Aparatur Sipil Negeri (ASN) unggul. Hal ini juga sesuai visi Indonesia untuk menjadi negara maju dengan menciptakan SDM yang unggul.

Menurutnya, negara harus hadir untuk menciptakan SDM yang unggul. Oleh karena itu, berkaitan dengan hal tersebut, BKN telah menggulirkan sejumlah program kerja untuk mendukung peningkatan kualitas SDM Aparatur Sipil Negara (ASN).

Menurutnya, sesuai peran institusi sebagai pembina dan penyelenggara manajemen kepegawaian, di antaranya penyusunan indeks tata kelola implementasi NSPK manajemen ASN. Selain itu juga menjadi tonggak pembangunan sistem informasi terintegrasi untuk pengawasan dan pengendalian pelaksanaan manajemen ASN.

“Dan penyusunan pedoman teknis implementasi PP No 30 Tahun 2019 tentang Penilaian Kinerja PNS. Ada yang berbeda dalam semarak memeringati HUT ke-74 Indonesia di kantor Pusat BKN,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (18/8).

Oleh karena itu, Bima mengajak agar ASN menjadi manusia Indonesia unggul yang berkontribusi terhadap persatuan dan kesatuan NKRI. Tak hanya itu, para ASN juga dituntut untuk bekerja dan berkinerja, adaptif terhadap perkembangan zaman dan tantangan global. “Dan tentunya menjadi ASN yang mencintai Pancasila dan kebhinekaan,” ujarnya.

Sebagai informasi, Presiden Indonesia Joko Widodo dalam pidato kenegaraannya, Jumat (16/8) lalu, mengajak masyarakat Indonesia untuk menjadi manusia unggul. Presiden Jokowi mengingikan agara SDM Indonesia tidak hanya sekadar lebih baik dari sebelumnya, tetapi harus lebih baik dari negara lain karena dengan SDM unggul.

Hal ini juga yang masuk menjadi salah satu visi untuk menuju Indonesia sebagai negara maju. Bahkan pesan itu tertuang pula dalam tema HUT ke-74 Indonesia bertajuk “SDM Unggul Indonesia Maju”. (oz/int)

USI