News

PMS Minta PTPN IV Berdayakan SDM Simalungun

SIMALUNGUN, FaseBerita.ID – Minimnya putra-putri Simalungun yang menjabat di jajaran PTPN IV disikapi Partuha Maujana Simalungun Cabang Medan. Selain Simalungun memiliki banyak sumber daya manusia, wilayah kerja PTPN IV lebih setengahnya berada di Wilayah Simalungun.

“PTPN IV harus lebih banyak memberdayakan masyarakat Simalungun, membuka selebar-lebarnya kesempatan untuk mengembangkan karir bagi putra-putri Simalungun. Karena wilayah kerja PTPN IV lebih luas berada di Simalungun,” kata Aden Farnan Saragih ST, Ketua PMS Kota Medan.

Menurut Ade Farnan, sudah selayaknya PTPN IV serta seluruh perusahaan yang beroperasi di Simalungun untuk memberdayakan putra-putri Simalungun secara maksimal. Permintaan ini masih wajar mengingat, ketersediaan sumber daya dan histori berdirinya sebuah perusahaan adalah untuk mensejahterakan masyarakat sekitar.

“Dari struktur terakhir yang kami amati, hanya beberapa orang pejabat yang dipercaya menjadi leader dari Simalungun. Ini tidak adil bagi masyarakat Simalungun,” kata Ade Farnan Saragih.

Dijelaskan Ade Farnan, kondisi ini akan didiskusikan di kalangan pakar Partuha Maujana Simalungun serta organisasi-organisasi berlatar belakang Simalungun. Hasil diskusi akan menentukan langkah dan sikap selanjutnya terhadap pimpinan PTPN IV.

Sementara Mindo Girsang, rekan Ade Farnan Saragih, menambahkan Pemkab Simalungun dan DPRD Simalungun harus aktif memperjuangkan hak-hak putra-putri Simalungun untuk dapat bekerja dan berkarir di BUMN dan perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Simalungun.

“DPRD dan Bupati Simalungun dapat melakukan lobi-lobi serta komunikasi kepada petinggi BUMN termasuk PTPN IV agar memberikan kesempatan sebesar-besarnya untuk sumber daya manusia Simalungun. Itu merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Simalungun,” katanya.(esa/fabe)

USI