News

PMI Siantar Peroleh Bantuan Mobil Khusus Unit Donor Darah

SIANTAR, FaseBerita.ID – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Pematangsiantar mendapat fasilitas tambahan berupa mobil khusus untuk layanan donor darah. Mobil ini merupakan bantuan dari PMI Pusat yang diterima Ketua PMI Cabang Pematangsiantar dr Rajin Saragih SpB, saat Munas di Jakarta, 16 Desember 2019 lalu.

Mobil ini berciri khas budaya Simalungun. Ada gorga Simalungun, sepasang pria dan wanita memakai busana Simalungun yakni gotong dan bulang, serta bertuliskan motto Sapangambei Manoktok Hitei.

Ketua PMI Cabang Pematangsiantar dr Rajin Saragih didamping Sekretaris Irwansyah Damanik dan Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga mengatakan, Kota Siantar merupakan salah satu dari dua daerah se-Indonesia yang mendapatkan bantuan mobil unit donor darah. Mobil ini akan membantu mobilisasi kegiatan donor darah di luar kantor PMI dilengkapi dengan alat untuk menyimpan kantong darah.

Mobil ini diserahkan langsung oleh Sekjen PMI Pusat Drs Ritolah Tasmaya MPH, mewakili Ketua PMI Pusat yang terpilih kembali dalam Munas, Jusuf Kalla.

Mobil Unit Donor Darah PMI Siantar

Sementara Kepala Unit Donor Darah dr Abadi Sinaga, mengatakan dengan kehadiran mobil unit donor darah yang baru ini, secara langsung akan memperlancar mobilisasi layanan donor darah, terutama yang berada di luar Kota Siantar.

“Kita melayani kegiatan donor darah hingga ke luar Kota Siantar, tergantung permintaan kelompok masyarakat yang ingin mendonorkan darah,” kata dr Abadi.

Dijelaskan dr Abadi Sinaga, kegiatan donor baik secara perorangan maupun berkelompok dari waktu ke waktu mengalami peningkatan secara jumlah. Ini karena kesadaran masyarakat terus meningkat, untuk mendonorkan darah membantu sesama. Manfaat mendonor secara rutin bagi tubuh telah terbukti, sehingga banyak masyarakat sudah menjadikan donor darah sebagai salah satu kebiasaan. (fe)

iklan usi