News

PMI Semprot Rumah Ibadah dan Kantor MUI

FaseBerita.ID – Petugas PMI Cabang Pematangsiantar melakukan upaya untuk mencegah penyebaran virus corona (Covid-19) di Kota Pematangsiantar.

Upaya yang dilakukan di antaranya melakukan sosialisasi kepada berbagai kalangan masyarakat untuk tetap menjaga gaya hidup sehat, kampanye menjaga kebersihan dengan rajin mencuci tangan, mengurangi kontak fisik dengan orang lain, sosial distance dan melakukan penyemprotan disinfektan di beberapa gedung di kantor dan rumah ibadah.

Kepala Cabang PMI Kota Siantar dr Rajin Saragih SpB, Sabtu (21/3), menjelaskan, penyebaran covid-19 dapat dihempang jika semua bergotongroyong melakukan upaya pencegahan.

Cara yang paling efektif mengurangi sebisa mungkin melakukan kontak dengan orang lain. Caranya dengan berdiam diri di rumah, sehingga kemungkinan tertular atau menularkan bisa diminimalisir.

“Dalam kondisi awal tertular, kita tidak menyadari. Sehingga bisa saja tubuh sudah menjadi penyebar virus, namun karena tidak sadar tetap melakukan banyak aktivitas. Makanya tetap menjaga kesehatan, segera memeriksakan diri jika merasa kurang sehat,” katanya.

Sementara Sekretaris PMI Cabang Siantar Irwansyah Damanik menjelaskan, setelah melakukan penyemprotan di Kantor PMI Jalan Sutomo, petugas PMI bergerak ke GKPS Sudirman untuk melakukan penyemprotan desifektan di rumah ibadah tersebut. Penyemprotan juga dilakukan di gedung BNI Jalan Merdeka, GKPS Ragi Pane dan GKPS Efrata.

“Untuk hari ini itu jadwal penyemprotan. Kita sarankan semua pihak untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 ini. Kita bersama pasti bisa,” kata Irwansyah. Menurut Irwansyah, penyemprotan dilanjutkan Minggu (22/3) yakni di Kantor MUI Kota Siantar. (esa)