News

Plt Bupati Asahan Beri Apresiasi: Petani Komit Tak Alih Fungsikan Lahan Sawah ke Sawit

ASAHAN, FaseBerita.ID –  Plt Bupati Asahan H Surya mengapresiasi dan bangga terhadap komitmen para petani di Kabupaten Asahan yang tidak melakukan alih fungsi lahan, dari pertanian padi sawah ke kelapa sawit.

Hal ini dikatakan Surya saat menghadiri kegiatan panen raya para petani di Desa Serdang Kecamatan Meranti, bersama Pemkab Asahan dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sabtu (24/8/2019).

Kecamatan Meranti, sambungnya, salah satu lumbung hasil padi sawah di daerah Kabupaten Asahan. Plt bupati berharap, pengoptimalan lahan persawahan disini akan terus dipantau dan didukung melalui Dinas Pertanian, agar masyarakat menjaga komitmen masyarakat tak melakukan alih fungsi lahan.

“Kalau memang kelompok tani tersebut serius untuk menanam padi, akan kami bantu dengan syarat nantinya tidak ada alih fungsi lahan dari padi menjadi sawit,” jelas Surya.

Dengan adanya program pemerintah yakni swasembada pangan, kata Surya, sangat bagus bagi masyarakat maupun kelompok tani yang ingin menanam padi. Karena itu, bupati mengajak seluruh elemen saling membantu untuk meningkatkan pertanian di Kabupaten Asahan.

“Dengan berjalannya waktu, petani di Kabupaten Asahan terus meningkat kualitasnya, sehingga saat ini daerah kita termasuk penghasil padi terbaik di Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya.

Sebelumnya, Camat Meranti Darma Ginting  mengungkapkan, adapun luas lahan pertanian di kecamatannya berjumlah 2.200 hektare, dan pada hari ini (Sabtu 24/8), dilakukan panen bersama seluas 457 hektare yang mana pada tahun ini merupakan panen perdana di Kecamatan Meranti.

Dalam kesempatan itu, camat juga menyampaikan rasa terima kasih masyarakat ke pemerintah kabupaten atas penambahan debit air Sungai Bunut, yang berdampak langsung pada hasil panen warga. Camat juga menyampaikan harapannya kepada Plt Bupati Asahan, dapat membantu masyarakat Kecamatan Meranti dalam pengalilahan lahan dari lahan sawit menjadi lahan tanaman padi.

Sementara, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir Oktoni Eryanto MMA mengatakan, luas tanaman padi di Kabupaten Asahan pada musim tanam tahun 2019 seluas 7.803 hektare, yang dibagi dalam lima wilayah kecamatan sentra padi di Asahan meliputi, Rawang, Meranti, Sei Kepayang, Setia Janji, dan Pulo Bandring.

Pada panen raya pertama ini diperkirakan produktivitas panen mencapai 71 kwintal per hektare. “Momentum panen perdana ini diharapkan dapat menjadi pendorong untuk senantiasa membangun pertanian secara utuh, komprehensif dan berkelanjutan demi mendukung ketahanan pangan di Kabupaten Asahan,” kata Oktoni. (per/ahu)