News

PLN Lakukan Pemadaman 2 Hari

MADINA, FaseBerita.ID – PT PLN (Persero) di wilayah rayon Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) berencana melakukan pemadaman di wilayah itu selama dua hari, yaitu Kamis (22/8/2019) dan Sabtu (24/4/2019).

Kepala PLN rayon Panyabungan Erwinsyah, Selasa (22/8/2019) mengatakan, pemadaman ini dilakukan dikarenakan ada pekerjaan teknis yang akan berlangsung selama dua hari.

“Kami beritahukan kepada pelanggan kami, hari Kamis dan Sabtu akan ada pemadaman. Ada pekerjaan penggantian kawat A3C Rantas menjadi A3CS,” kata Erwin.

Selain penggantian kawat, pemadaman ini juga sekaligus melakukan pembersihan pohon yang menyentuh jaringan penyulang. Pembersihan dilakukan mulai dari sekitaran Panyabungan kota, Dalan Lidang, Desa Parbangunan hingga ke Desa Purba Lamo Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

“Ini sekaligus perawatan dan pembersihan ranting kayu. Karena, pohon yang menyentuh jaringan bisa jadi penyebab terjadi masalah yang berujung terjadinya pemadaman sewaktu-waktu,” terangnya.

Karena itu, PLN rayon Panyabungan mengimbau kepada semua pelanggan supaya menyiapkan berbagai keperluan arus listrik untuk pekerjaan maupun keperluan rumah tangga selama dua hari rencana pemadaman tersebut.

Pantauan Metro Tabagsel, jaringan PLN di sekitar jalan lintas timur Panyabungan banyak yang menyentuh pohon yang berada di pinggiran jalan. Bahkan, keberadaan pohon dengan ranting yang rimbun ini sering menyebabkan terjadinya korsleting listrik, akibatnya terjadi pemadaman.

Warga berharap supaya petugas PLN melakukan perawatan secara rutin agar tidak terjadi korsleting yang menyebabkan pemadaman.

“Memang kita beberapa kali melihat terjadi korsleting jaringan yang mengenai ranting pohon. Harapannya kepada PLN supaya melakukan perawatan dan pemangkasan yang rutin dan tuntas, agar jangan sering terjadi pemadaman lagi,” harap warga. (wan)