News

PLN Ancam Putus Kabel TV Kabel

SIBOLGA, FaseBerita.ID– PLN UP 3 Sibolga mengingatkan kabel-kabel yang nyangkut di tiang PLN agar tidak sampai mengganggu JTM (Jaringan Tegangan Menengah) dan JTR (Jaringan Tegangan Rendah) milik PLN UP 3 Sibolga. Jika memang ini sampai terjadi, PLN tidak akan segan segan untuk menertibkan kabel-kabel terutama milik TV Kabel yang nyangkut di tiang PLN.

Penegasan ini disampaikan PLN UP3 Sibolga melalui Manajer Jaringan PLN UP 3 Sibolga, Ivan Bastian Situngkir, Kamis (8/4) kepada NEW TAPANULI di Sibolga terkait akhir-akhir ini adanya gangguan terhadap pasokan listrik akibat cuaca ekstrim.

“Jika memang ada kabel-kabel TV yang dapat menyebabkan adanya gangguan pasokan listrik seperti kabel-kabel yang melintang dan berbahaya yang bisa menyangkut ke kabel JTR dan JTM, dengan tegas kami nyatakan bahwa kabel kabel itu harus diputus dari tiang PLN terutama yang mengancam jaringan listrik PLN,” tegas Bastian Situngkir.

Dia menagaskan, jika ada kabel yang justru berpotensi menjadi gangguan di sisi PLN, seperti jaringan JTM untuk 20 Kvt kemudian mengganggu Jaringan tegangan Rendah (JTR)  disisi PLN, maka PLN akan menertibkannya.

“Kita juga mengimbau, terutama dalam menyikapi kondisi cuaca ekstrim yang terjadi belakangan ini, diharapkan juga kepada seluruh elemen masyarakat agar dapat turut serta mendukung peningkatan pelayanan dengan melaporkan segala bentuk potensi yang dapat mengganggu pasokan listrik jika terjadi cuaca ekstrim seperti badai, longsor, pohon yang apabila tumbang dapat menimpa jaringan/tiang PLN yang dapat merugikan materi bahkan korban jiwa,” jelas Ivan.

Oleh karena itu, kata dia, jika ada potensi seperti itu, dirinya berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk dapat segera melaporkan kepada PLN melalui 123 atau melalui aplikasi PLN MOBILE, untuk segera dapat ditindak lanjuti, lebih baik mencegah daripada mengatasi masalah.

Untuk informasi di Kota Sibolga dan di Pandan kabupaten Tapanuli tengah, saat ini ada sekitar 3 usaha TV kabel yang sudah beroperasi, dan belum memiliki tiang untuk pemasangan jaringan TV kabel milik sendiri. (mis/fabe)

USI