News

Pisah Sambut Kalapas Siantar: Sejumlah Wartawan Dilarang Masuk

FaseBerita.ID – Pisah sambut Kepala Lapas Kelas II Pematang Siantar dari Porman Siregar kepada Rudi Fernando Sianturi, digelar, Kamis (11/6).

Namun, acara pisah sambut tersebut digelar tertutup dengan alasan pengunjung dibatasi. Bahkan, sejumlah media tidak diperbolehkan masuk.

Ketika wartawan mencoba memasuki Lapas, petugas penjaga lapas yang piket menerangkan bahwa hanya beberapa media yang diperbolehkan masuk. Selebihnya tidak diperbolehkan masuk ke dalam.

Humas Lapas Hiras Silalahi membenarkan adanya pembatasan tersebut. “Yang masuk terbatas ke dalam, makanya tidak diperbolehkan masuk,” ujarnya.

Pantauan wartawan, pengunjung ada yang boleh masuk secara ramai-ramai, bahkan tamu diperbolehakan masuk meski tidak memakai masker.

Aturan itu membuat Johannes  Sakti Sembiring, masyarakat Siantar mempertanyakan ada apa dengan Lapas Siantar. Pasalnya, media tidak diperbolehkan masuk ke dalam, sementara tamu yang lain dari luar diperbolehkan masuk.

“Kalau dengan alasan terbatas berarti terkesan tebang pilih. Memilih orang yang dekat dengan mereka saja. Hal ini tidak dibenarkan. Ada apa sebenarnya. Karena semua pihak apalagi pers berhak memperoleh informasi dan itu diatur dalam undang-undang. Apabila ada pembatasan dalam peliputan, itu sama saja pihak Lapas tidak mengindahkan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan terkesan alergi terhadap pers,” ujarnya. (ros)