News

Pilkada Serentak 2020 KPU Usulkan 23 September

FaseBerita.ID – Pemungutan suara dan penghitungan di tingkat TPS untuk pemilukada serentak tahun 2020 direncanakan digelar Rabu, 23 September 2020.

Dalam draf Peraturan Komisi Pemilihan Umum tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota tahun 2020, tahapan pemilihan dibagi dalam dua tahap yakni tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan.

Tahapan persiapan menyangkut perencanaan program dan anggaran, penyusunan dan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibat Daerah (NPHD), penyusunan peraturan dan keputusan penyelenggaraan pemilihan, sosialisasi kepada masyarakat serta pelaksanaan bimbingan teknis kepada KPU Provinsi, Kabupaten, PPK, PPS hingga KPPS.

Selanjutnya pemberitahuan dan pendaftaran pemantauan pemilihan, pengolahan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) serta pemutakhiran data dan daftar pemilih.

Sementara untuk tahap penyelenggaraan, terdiri atas pencalonan termasuk menyangkut syarat dukungan calon serta pendaftaran pasangan calon. Kemudian masa untuk Sengketa Tata Usaha Negara pemilihan. Selanjutnya, setelah penetapan calon dilanjutkan dengan masa kampanye meliputi pertemuan terbatas, debat publik, kampanye melalui media dan masa tenang.

Pada masa tenang dilaksanakan pembersihan alat peraga kampanye.

Proses Pilkada serentak tahun 2020 diprediksi dimulai 30 September 2019, dengan agenda perencanaan dan program serta anggaran. Kemudian akan dilanjutkan dengan Penyusunan dan Panandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah antara KPU serta masing-masing Kepala Daerah.

Sementara untuk syarat pasangan calon, penyerahan syarat dukungan pasangan calon perseorangan untuk tingkat Kabupaten/Kota dijadwalkan 2 Maret 2020 yang dilanjutkan dengan penelitian dan rekapitulasi untuk mulai tingkat PPS, PPK dan Kabupaten/Kota. Pendaftaran pasangan calon dijadwalkan 24 April 2020.

Sementara penetapan pasangan calon dilaksanakan 13 Juni 2020. Seperti pilkada sebelumnya, pasangan calon tetap memiliki jeda waktu untuk mengajukan gugatan ke PT TUN. Setelah putusan PT TUN, jika ada yang mengajukan sengketa, maka dilanjutkan dengan masa kampanye.

Setelah pemungutan suara dilaksanakan 23 September 2020, rekapitulasi dan penetapan dan pengumuman hasil penghitungan suara untuk tingkat Gubernur dan Wakil Gubernur dijadwalkan 5 Oktober 2020.

Draf PKPU tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 ini akan di uji public sejak Senin (24/6/2019). (esa)