News

Pilkada Mendekat, Penerus JR Dibicarakan: Antara Amran, Anton dan Gidion

FaseBerita.ID – Kabupaten Simalungun bersama 268 daerah lain di Indonesia, akan menggelar kembali pilkada serentak tahap dua tahun 2020 mendatang. Sejumlah nama mulai dibicarakan hangat untuk menggantikan Bupati Simalungun dua periode, JR Saragih.

JR Saragih dipastikan tidak bakal maju lagi, karena sudah menjabat dua periode sebagai bupati Simalungun. Bahkan untuk jabatan selevel kepala daerah tingkat dua, JR Saragih tidak memungkinkan lagi mencalonkan diri.

Dari periode masa jabatan, JR Saragih bakal selesai di tahun 2021. Itu karena pilkada serentak tahap pertama 2015, tertunda pelaksanaannya di Simalungun hingga 2016.

Tahapan Pilkada akan dimulai September 2019, namun nama-nama bakal calon sudah banyak yang muncul serta sudah menjadi pembahasan di tengah-tengah masyarakat, terutama di kedai-kedai kopi di Simalungun dan di Siantar.

‘Orang dekat’ JR Saragih seperti Ir Amran Sinaga, yang saat menjabat Wakil Bupati Simalungun periode 2014 – 2019 berpasangan dengan JR Saragih, diprediksi paling berpeluang meneruskan karirnya menjadi Bupati Simalungun berikutnya.

Selain Amran Sinaga, nama Anton Saragih, Ketua IKEIS Simalungun, yang merupakan abang kandung JR Saragih, juga digadang-gadang maju untuk meneruskan dinasti JR Saragih.

Nama Gidion Purba, yang menjabat Sekda Kabupaten Simalungun lima tahun terakhir, juga digadang-gadang menjadi salah satu pilihan dari orang-orang di sekeliling JR Saragih.

Amran Sinaga, Anton Ahmad Saragih dan Gidion Purba

Di luar orang dekat JR Saragih, sejumlah ‘nama lama’ seperti Tuppak Siregar yang pada masa lalu diusung PDI Perjuangan, Nuriaty Damanik yang diusung Golkar serta Evra Sassky Damanik dari jalur independen kamarin, masih tetap ramai dibicarakan.

Sejumlah Nama Baru Bermunculan

Nama baru dari berbagai latar belakang juga digadang-gadang maju memperebutkan kursi kepala daerah di Simalungun kali ini. Ada yang sudah berterus terang menyatakan bakal maju, namun sebagian masih malu-malu.

Irjen Pol Wagner Damanik dan AKBP Elisben Purba, sama sama berlatar belakang Polri, santer dibicarakan akan mencalonkan diri.

Wagner Damanik bahkan diketahui sudah mulai melakukan perkenalan kepada masyarakat, dengan melakukan kegiatan sosial di tengah-tengah masyarakat. Informasinya, Wagner Damanik dikabarkan sudah serius ‘melamar’ kapal ke partai besar seperti PDIP dan Golkar. Sementara Elisben Purba, polisi berpangkat AKBP yang bertugas di KPK ini, sudah sejak lima tahun dikabarkan bakal maju menjadi calon bupati.

Namun lima tahun lalu, alasan ‘segan’ ke JR sebagai sesama putra Raya, Elisben dikabarkan memendam niatnya. Pria yang populer dengan istilah Patunggung Simalungun ini diperkirakan tahun ini akan serius maju untuk menggantikan JR.

Sejumlah nama politisi seperti Ketua DPD Golkar Timbul Jaya Sibarani, Sastra J Sirait, Bona Uli Rajagukguk, Syahmidun Saragih, Mangapul Purba dan yang teranyar, politik Partai Demokrat Saut Bangkit Purba, masuk dalam bursa bakal calon bupati mendatang.

Timbul Jaya Sibarani dan Syahmidun Saragih, sama-sama politisi senior Partai Golkar. Timbul saat ini merupakan wakil ketua DPRD Simalungun, yang digadang-gadang akan menjadi Ketua DPRD Simalungun periode 2019-2024.

Itu setelah hasil rapat pleno tingkat kabupaten penghitungan perolehan suara pemilu serentak 2019, Golkar diperkirakan meraih kursi terbanyak yakni 9 kursi.

Syahmidun Saragih saat ini menjabat anggota DPRDSU yang merupakan PAW Ajibsyah, yang ditahan KPK karena tersangkut kasus korupsi. Syahmidun juga pernah menjabat Ketua DPRD Simalungun, di era pemilihan kepala daerah masih diserahkan ke DPRD.

Politisi muda yang disebut-sebut sebagai wakil Simalungun Hataran, atau dikenal wilayah Simalungun bawah, Sastra J Sirait dan Bona Uli Rajagukguk, juga masuk dalam bursa kali ini. Keseriusan keduanya dibuktikan dengan raihan suara terbanyak pada pemilu serentak 17 April lalu.

Nama baru di Simalungun dalam dunia perpolitikan, Saut Bangkit Purba, juga digadang-gadang bakal maju. Pria lulusan Universitas Bengkulu ini sudah membuktikan kesiapannya di kancah politik dengan meraih 33.000 lebih suara pada pencalegannya sebagai anggota DPRD Sumatera Utara.

Dari hitungan sementara perolehan suara, Partai Demokrat akan mendapat jatah satu kursi untuk dapil Sumut X atas nama Saut Bangkit Purba. Sementara untuk tingkat Kabupaten, Demokrat diperkirakan akan memeroleh 7 kursi.

Politisi senior PDIP, Mangapul Purba, juga masuk bursa bakal calon bupati Simalungun. Mangapul juga sudah membuktikan dengan raihan suara terbayak di PDIP untuk caleg dapil X Sumatera Utara sebanyak 29.719 suara di Kabupaten Simalungun.

Di luar nama politisi, sejumlah nama juga digadang-gadang bakal meramaikan bursa pencalonan bupati dan wakil bupati di Simalungun. (esa)