News

Pilkada Madina Hanya Dua Balon yang Mendaftar ke PDIP

MADINA, FaseBerita.ID – Pendaftaran penjaringan bakal calon (balon) Bupati dan Wakil Bupati di DPC PDI Perjuangan Kabupaten Mandailing Natal (Madina) ditutup pada Sabtu malam (14/9/2019).

Selama masa penjaringan sepuluh hari itu, hanya ada dua bakal calon yang mendaftar, yaitu H Aswin dan Dahlan Hasan Nasution.

Keduanya mendaftar ke PDIP sebagai bakal calon Bupati. Aswin yang juga ketua Partai Golkar Kabupaten Madina itu mengantarkan langsung pengembalian berkas pendaftaran ke kantor PDIP di Jalan Willem Iskandar Kelurahan Dalan Lidang Panyabungan.

Sementara Dahlan Hasan Nasution mengantarkan pengembalian berkas pendaftarannya diwakili timnya. Karena, saat penutupan masa penjaringan, Dahlan Hasan yang saat ini menjabat sebagai Bupati Madina sedang berada di Jakarta.

“Masa pendaftaran sudah ditutup. Ada dua calon yang mengembalikan berkas pendaftaran ke panitia. Yaitu pak Aswin dan pak Dahlan. Berarti hanya dua bakal calon itu yang akan ditindaklanjuti ke DPD Sumut dan DPP PDIP di Jakarta,” ujarnya.

“Pak Aswin bersama tim mengantarkan langsung ke kantor, dan pak Dahlan mengantar berkas diwakili timnya,” tambah Ketua DPC PDIP Madina Teguh W Hasahatan Nasution, Senin (16/9/2019).

Sementara Ketua Panitia Penjaringan balon dari PDIP Madina Syarifuddin Lintang mengatakan, berkas kedua kandidat tersebut akan ditindaklanjuti untuk proses selanjutnya ke DPD Sumut maupun ke DPP PDIP.

Namun, Lintang menyebutkan, meskipun hanya ada dua balon yang mendaftar, tidak menutup kemungkinan jumlah balon bertambah.

“Yang mendaftar (mengembalikan berkas) memang hanya dua balon. Yaitu pak Aswin dan pak Dahlan. Tetapi tidak menutup kemungkinan ada nanti bakal calon yang langsung mendaftar ke DPD Sumut maupun ke DPP PDIP di Jakarta. Tapi sampai sekarang kami belum ada menerima pemberitahuan ada bakal calon yang mendaftar ke sana,” terangnya.

Lintang menambahkan, bakal calon yang sudah mendaftar ke panitia bentukan PDIP Madina itu nantinya akan mengikuti beberapa tahapan lain, seperti fit and provert tes dan psikotes.

“Tahapan selanjutnya bakal calon akan mengikuti fit and provert test dan ujian psikology. Nanti akan diberitahu jadwalnya,” tambahnya.

Untuk diketahui, Aswin dan Dahlan Hasan merupakan rival pada Pilkada Madina tahun 2010 yang lalu. Kala itu, Dahlan merupakan calon Wakil Bupati yang berpasangan dengan Hidayat Batubara.

Sementara Aswin sebagai calon Bupati berpasangan dengan calon wakil bernama Syarifuddin Lubis. Pilkada tersebut dimenangkan oleh pasangan calon Hidayat-Dahlan. (wan)

iklan usi