News

Pilkada Madina 2020, PKS Siapkan Dua Kader

MADINA, FaseBerita.ID – Partai politik di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mulai berkemas menghadapi Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati tahun 2020.

Salah satunya adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sekretaris DPD PKS kabupaten Madina, Mahmuddin Hasibuan, Senin (17/6/2019) mengatakan, PKS akan mengulang kesuksesan koalisi partai pengusung Prabowo Sandi di Pilkada Madina.

Saat ini, PKS akan melakukan pembicaraan politik dengan beberapa partai pengusung Prabowo Sandi, yaitu Partai Gerindra, PAN, dan Partai Berkarya.

“Di internal partai sudah mulai kami bicarakan, dan dalam waktu dekat kami akan melakukan komunikasi politik dengan partai pengusung dan pendukung Prabowo Sandi di Pilpres 2019. Harapan kami koalisi ini juga diwujudkan di Pilkada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Madina tahun 2020,” sebut Mahmudin.

Ia menerangkan, di Pemilu 17 April kemarin, PKS memeroleh 4 kursi untuk DPRD Kabupaten Madina periode 2019-2024. Dan, bila merujuk pada regulasi yang ada, mereka harus membangun koalisi dengan partai lain agar bisa mendaftarkan pasangan calon.

Sementara, partai politik harus memiliki 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Madina. Sedikitnya harus ada 8 kursi di DPRD Madina untuk bisa mencalonkan pasangan calon bupati dan wakil bupati ke KPU Madina nanti.

“PKS hanya memiliki 4 kursi hasil Pemilu 17 April 2019 yang kemarin. Tentu saja kami butuh koalisi 4 kursi lagi untuk bisa mendaftarkan pasangan calon. Inilah nanti yang akan kami bicarakan dengan partai koalisi pengusung dan pendukung Prabowo Sandi di Pilpres agar tetap sejalan di Pilkada 2020 nanti,” terangnya.

Mahmuddin juga menambahkan, DPD PKS kabupaten Madina telah menyiapkan dua orang kadernya untuk diusulkan nanti ke partai koalisi baik untuk posisi calon bupati maupun calon wakil bupati.

“Kami sudah menyiapkan dua kader yang menurut kami punya pengalaman dan kemampuan yang mumpuni untuk memimpin daerah lima tahun ke depan, tentunya ini nanti tergantung pembicaraan dengan partai koalisi,” ungkapnya.

Saat disinggung mengenai dua orang kader tersebut, Mahmudin menyebut dua orang tersebut yang pernah duduk di DPRD Madina dua periode dan sudah pernah jadi Ketua DPD PKS Kabupaten Madina.

“Tentunya dua orang itu kader terbaik kami, dan sudah pernah duduk di dprd Madina. Mereka adalah ustadz RU dan ustadz SP, ini nanti yang akan kami usulkan,” tambahnya. (wan)