News

Petani Perbaiki Saluran Irigasi Sitangkurak yang Jebol

FaseBerita.ID – Perkumpulun petani pemakai air daerah irigasi Sitakkurak, terdiri dari petani tiga desa, yakni Desa Siharbangan, Aek Dakka dan Desa Pananggahan, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara melaksanakan gotong-royong memperbaiki saluran irigasi yang jebol akibat banjir beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu, sejumlah petani, terutama yang areal sawahnya teraliri oleh aliran dari sungai Sirahar juga turut membantu.

Perbaikan saluran itu meliputi pengecoran saluran yang jebol dan pengerukan tanah yang menghambat jalannya aliran air pada saluran tersebut.

Hal itu di jelaskan Hendrik Limbong (56) Ketua Perkumpulan Petani Pemakai Air Daerah Irigasi Sirakkurak (P3A DI Sitakkurak) kepada wartawan di lokasi kegiatan, tepatnya di pintu pembagian air di Desa Aek Dakka Kecamatan Barus, Tapteng Rabu (6/1).

Dikatakan Hendrik Limbong, gotong royong ini diikuti sekira 30 petani dari tiga desa. Saluran irigasi yang diperbaiki sebelumnya jebol akibat banjir dan juga kondisi saluran yang sudah tua.

“Kegiatan gotong-royong memperbaiki saluran yang macet, membersihkan sampah dan memperlebar saluran air yang menyempit, sehingga aliran air menjadi lancer,” katanya.

Hendrik Limbong menambahkan, kegiatan gotong-royong ini juga terlaksana karena adanya support dari Dinas PU Pengairan Tapteng. (gp/fabe)