News

Pesta Sabu Gagal: 4 Orang Diamankan, Pemilik Rumah Kabur

FaseBerita.ID – Polsek Sibolga Selatan menggerebek sebuah rumah di Jalan Kesturi Gang Nelayan Sibolga, Sabtu (13/6) sekira pukul 02.30 WIB. Petugas berhasil menangkap 4 dari 5 orang yang yang diduga sedang berpesta sabu di rumah tersebut.

Di antaranya, MFR (26) warga Kompleks BTN Aek Tolang, Kabupaten Tapanuli Tengah. Kemudian, RMS (33) warga Jalan Oswald Siahaan, Kelurahan Aek Tolang Tapteng. DRS (27) warga Jalan Sibolga-Padang Sidempuan Gang Sari Utama, Kelurahan Sibuluan Tapteng. Dan RN (37) warga Kelurahan Hajoran, Kecamatan Kalangan Tapteng/jalan Panglima Denai Kecamatan Medan Amplas, Medan.

Dari hasil pemeriksaan diketahui kalau rumah tersebut merupakan milik oknum yang berhasil melarikan diri saat penggerebekan. “Ditemukan 5 orang di rumah tersebut. Termasuk pemilik rumah, yang identitasnya telah kita kantongi. Dia berhasil melarikan diri saat petugas datang,” kata Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas Iptu Ramadhansyah Sormin dalam keterangan persnya, Sabtu (20/6).

Menurut keterangan para tersangka sebelumnya mereka hanya bermain judi leng di rumah tersebut. Setelah main judi, MFR kemudian memesan sabu kepada pemilik rumah seharga Rp500.000. “Beli Sabumu 1/2 jie atau 0,5 gram. Kemudian si pemilik rumah memberikan 1 bungkus kecil dan menerima uang dari MFR sebesar Rp500 ribu,” terang Sormin.

Saat pemilik rumah merakit bong atau alat hisap sabu, Polisi pun datang. Pemilik rumah dengan cekatan melarikan diri, meninggalkan 4 rekannya. “Ketika diakukan penyitaan barang bukti yang ada di sekitar ruangan, juga disaksikan oleh aparat pemerintahan setempat,” terang Sormin.

Usai diperiksa, keempatnya ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di RTP Polres Sibolga. Karena telah melakukan tindak pidana penyalahgunaan narkotika sebagaimana dimaksud dalam pasal 114 ayat (1) Subsider pasal 112 ayat (1) Jounto pasal 132 dari Undang-undang RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika, ke 4 tersangka diancam hukuman diatas 5 tahun. (ts)