News

Pesparani Pertama Katolik di Siantar Digelar Dengan Mengikuti Protokol Kesehatan

SIANTAR, FaseBerita.ID-Pesta Paduan Suara Katolik (Pesparani) untuk pertama kalinya digelar di Kota Pematangsiantar pada hari Sabtu dan Minggu 7 dan 8 November 2020.
Pesparani merupakan salahsatu kegiatan Pembinaan keimanan dan ibadah umat Katolik di tingkat daerah, melalui kreasi budaya dan seni sebagai pencerminan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ketua Panitia Pesparani Katolik Kota Pematangsiantar Simesono Hia SH MSi, didampingi Sekretaris Marihuttua Pasaribu SAg MSi dan Bendahara Nelly Sitanggang SPd menjelaskan, pada awalnya Pesparani Katolik ini direncanakan pelaksanaannya pada bulan Juli 2020, di Lapangan Adam Malik Kota Pematangsiantar dengan meriah. Tetapi karena pandemic Covid- 19, tidak jadi dilaksanakan dengan dihadiri banyak massa tetapi dilaksanakan secara terbatas serta mengikuti standar protokol kesehatan. Menghindari kerumunan massa, pesertanya pun sengaja dihadirkan secara bertahap.

Pesparani Katolik Tahun 2020 merupakan pembinaan dan pengembangan iman dan pelayanan umat dalam bentuk musik, nyanyian liturgi dan kencintaan pada Kitab Suci.

Perlombaan dalam bidang Story Telling (Bertutur Kitab Suci) dan Bermazmur dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2020. Diikuti oleh utusan umat empat Paroki yang ada di wilayah Vikariat St Paulus Rasul Pematangsiantar yakni Paroki St Laurentius Brindisi Jalan Sibolga Pematangsiantar, Paroki St Petrus Paulus Bt V, Paroki St Joseph Jalan Bali dan Paroki St Fransiskus Asisi jalan Medan.

Perlombaan dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 7 dan 8 November 2020 dengan jenis perlombaan yakni : Bertutur Kitab Suci, Quis Kitab Suci, Bermazmur, Vocal Group Ibu dan Vocal Group Bapak.

Terpisah, Ketua LP3KD ( Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pesta Paduan Suara Gerejani Katolik Kota Pematangsiantar Ir Daud Simanjuntak MM menjelaskan, bahwa LP3KD merupakan suatu wadah bagi umat Katolik untuk meningkatkan aktivitas kehidupan beragama sebagai bagian interaksi sosial kehidupan beragama untuk memelihara nilai-nilai moral social yang telah ada dalam kehidupan masyarakat, bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia

Sementara Vikaris Episkopal St Paulus Rasul RP Fridolinus Simanjorang OFMCap menambahkan, Pesparani Katolik Pertama Kota Pematangsiantar tahun 2020 ini merupan wujud kepedulian, perhatian dan kerjasama Pemerintah Kota Pematangsiantar dengan Vikariat untuk peningkatan pembinaan Spritualitas Pelayanan umat Katolik.(rel/fi)

iklan usi