News

Peserta KLB Sibolangit, Ketua Demokrat Padangsidimpuan Khoiruddin Nasution Diberhentikan

FaseBerita.ID – Kongres Luar Biasa Partai Demokrat di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Jumat (5/3) lalu, berujung pengangkatan Parlinsyah Harahap sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPC Partai Demokrat Padangsidimpuan, berdasar surat yang dikeluarkan DPP Demokrat yang ditandatangani oleh Agus Harimurti Yudhoyono sebagai Ketua Umum dan Teuku Riefky Harsya sekretarisnya.

Khoiruddin Nasution angkat bicara, dan mengaku tegas turut hadir dalam KLB tersebut, bersama dengan ratusan Ketua DPC lainnya se-Indonesia sebagai pemilik suara. Dari KLB yang menetapkan Moeldoko sebagai Ketua Umum Partai Demokrat itu, katanya, sesungguhnya AHY sudah demisioner.

“Kalau surat pemberhentian saya, sampai saat ini belum ada saya terima, jadi secara keorganisasian sesungguhnya saya masih menjadi Ketua DPC Partai Demokrat Padangsidimpuan,” ujarnya, Rabu (10/3).

KN, sapaan akrab Khoiruddin Nasution, punya alasan kuat turut dalam KLB ini, di samping kekecewaan pada kepemimpinan AHY, juga partai berlambang bintang mercy ini sudah tidak demokratis sesuai dengan namanya.

“Malah berubah menjadi seperti perusahaan pribadi dan keluarga. Dan AD ART yang disampaikan kemarin bahwa KLB harus persetujuan Ketua Majelis Tinggi itu bertentangan dengan Undang-undang Partai Politik,” ungkapnya.

Disinggung mengenai tawaran uang Rp100 Juta guna mendukung Moeldoko sebagai Ketua Umum di KLB, KN pun membantahnya. Dan jika pun ada uang yang diberikan kepada peserta KLB itu hanya pengganti biaya perjalanan menuju Sibolangit, Deli Serdang. Pun nilainya beragam, sesuai jarak perjalanannya.

“Yang dari Indonesia Timur karena jauh, biaya pengganti perjalanan mereka pun lebih besar, tapi tidak ada sampai yang diberitakan,” ungkapnya.

SK bernomor 55/SK/DPP.PD/DPC/III/2021 menunjuk Parlinsyah Harahap sebagai plt Ketua DPC PD Padangsidimpuan, dan menggantikan H Khoiruddin. Surat ini telah beredar luas dalam bentuk file lunak (Pdf).

Sementara itu, Parlinsyah Harahap yang ditemui di ruang fraksi Demokrat DPRD Kota Padangsidimpuan, Selasa (9/3) sebelumnya, mengatakan tugasnya saat ini lebih pada upaya konsolidasi kader untuk tetap bersama AHY dan tetap loyal.

“Pertama saya akan menyampaikan kepada Stakeholder dan pimpinan di tingkat Padangsidimpuam. Kemudian kedua, mengumpulkan para kader dari semua unsur baik dari DPC sampai ranting. Dan saat ini, DPC loyal ke AHY. Kalau ada kader yang ikut atau terikut-ikut di gerakan ini kita tidak langsung menghukum. Kalau misal ada yang salah jalan kita berikan kesempatan. Saya yakin kader tetap solid di tingkat Kota Padangsidimpuan,” katanya sebelum memulai rapat dalam internal mereka. (san/fabe)