News

Peserta Aksi Petani Jalan Kaki Menuju Jakarta Tiba di Kisaran

ASAHAN, FaseBerita.ID– Ratusan petani yang melakukan aksi jalan kaki dari Medan menuju Jakarta telah sampai di Kisaran, Kabupaten Asahan, Kamis (2/7) sore sekitar pukul 18.30 WIB.

Masa aksi yang tergabung dalam Serikat Petani Simalingkar Bersatu (SPSB) ini menginap di kompleks pesantren Darul Hikmah Sei Dadap, selama satu malam untuk beristirahat sebelum melajutkan perjalanannya.

Efendy Surbakti, salah seorang tim  koordinator aksi jalan kaki mengatakan, jumlah petani yang berangkat dalam aksi sebanyak 170 orang. Perjalanan mereka dimulai sejak tanggal 25 Juni 2020. Diperkirakan akan tiba di Jakarta pada Agustus menjelang peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Aksi jalan kaki petani ini berjumlah 170 orang yang tergabung dalam SPSB  menuju Ibu Kota Jakarta untuk bertemu Bapak Presiden Jokowi. Tuntutan kami meminta keadilan atas lahan kami yang dirampas perkebunan PTPN II,” kata Efendy.

Membawa rombongan dan dengan masa yang banyak SPSB turut mempersiapkan perjalanan mereka dengan iringan beberapa kenderaan seperti 3 unit truck, 2 unit pick up, dan 4 mobil pribadi yang digunakan sebagai keperluan pengangkutan bekal selama perjalanan serta dijadikan ambulan.

“Ada sembilan kenderaan yang ikut untuk mengangkut keperluan kami, mobil pribadi untuk dijadikan ambulance,” terang Efendi Surbakti.

Rombongan petani ini setiba memasuki pintu gerbang Kota Kisaran langsung disambut oleh Camat Kisaran Barat, Lukman Hakim. Ia mengatakan, Pemkab Asahan atas instruksi Bupati H Surya siap memonitoring serta memantau hingga memfasilitasi perjalanan petani ini selama berada di wilayah Kabupaten Asahan.

“Perintah Pak Bupati kepada jajarannya, agar memfasilitasi para petani ini selama melintasi daerah Asahan, setiap camat akan mengawal mereka sampai batas kecamatan masing-masing, hingga sampai batas akhir Kabupaten Asahan,” kata Lukman Hakim yang menambahkan pihaknya merasa prihatin dengan kejadian yang dialami para petani ini. (per/rah)

USI