News

Perumda Tirtauli Gencar Sosialisasi Aturan Baru Soal Biaya Beban Tetap

FaseBerita.ID – Jajaran direksi Perumda Tirtauli Kota Pematangsiantar terus menggelar sosialisasi kepada masyarakat terkait kebijakan baru yang akan diterapkan kepada pelanggan. Yakni pembayaran Biaya Beban Tetap yang pemakaian airnya di bawah 10 M3 dalam satu bulan.

Beberapa waktu lalu, sosialisasi dilaksanakan di Siantar Martoba yang dihadiri masyarakat.

Dalam pemaparannya Direktur Umum Perumda Tirtauli Berliana Napitu mengatakan biaya Beban Tetap ini berlaku kepada pelanggan dalam kelompok RT3 atau golongan ekonomi menengah keatas.

Sementara untuk RT 2 dan RT 1, kebijakan tersebut kemungkinan akan diberlakukan 6 Bulan kemudian.

“Yang perlu Ditegaskan adalah, biaya Beban Tetap ini khusus yang penggunaan airnya 10 M3 per bulan. Jika melebihi 10 M3, maka tidak dipungut lagi biaya Beban Tetap,” ujarnya.

Disebutkan juga, “biaya Beban Tetap ini hampir sama sistemnya dengan biaya abodement telepon ataupun listrik. Hanya jumlah biayanya yang berbeda,” ujarnya. Kebijakan inipun disebutkan Berliana berlaku mulai bulan Maret.
Aturan ini dilaksanakan supaya kondisi perusahaan Perumda Tirtauli tetap sehat sehingga pelayanan air bersih kepada pelanggan tetap terjaga dengan baik.

Setelah dipaparkan oleh Berliana, para hadirin khususnya para pelanggan yang datang memahami dan bersedia atas kebijakan tersebut, asalkan distribusi air ke pelanggan tetap lancar dan cepat tanggap bila ada keluhan masyarakat.

Sebelumnya, Dirut Perumda Tirtauli Zulkifli Lubis pernah menyampaikan ada sekitar 20 ribu pelanggan yang pemakaian airnya dibawah 10 M3 dan ada 8000 pelanggan tidak ada sama sekali memakai air.

Dijelaskan juga, sebelum tahun 2013, biaya Beban Tetap ini pernah diberlakukan. Tapi setelah tahun 2013, biaya Beban Tetap ini sudah dihentikan. Lalu kenaikan tarif Air minum juga tidak ada sejak 8 Tahun yang lalu. Dan kalau ada kenaikan saat ini, sulit dilakukan lantaran kondisi ekonomi yang sulit disebabkan Covid19.

Sehingga langkah yang dilakukan adalah membuat kebijakan biaya Beban Tetap kepada pelanggan.
Untuk biaya Beban Tetap ini berkisar Rp25 ribu, tapi khusus pelanggan yang pemakaian airnya di bawah 10 M3. Kalau lebih, tidak ada lagi biaya Beban Tetap. (cps/fabe)