News

Personil Polres Tapteng Jalani Vaksinasi Tahap II 

TAPTENG, FaseBerita.ID– Personil Polres Tapanuli Tengah (Tapteng), menjalani vaksinasi Covid-19 tahap II. Kegiatan dilaksanakan di aula Parama Satwika, Mako Polres Tapanuli Tengah,Rabu (14/3/2021). Penyuntikan vaksin Sinovac tahap II ini diperlukan agar antibodi yang dibentuk oleh tubuh dapat optimal.

Vaksinasi dilakukan bertahap kepada 315 Personil yang terdiri dari 300 personil Polri dan 15 ASN. Penyuntikan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 22 Maret hingga 24 Maret 2021, dengan sasaran seluruh Personil dan ASN Polres Tapteng. Pada pelaksanaan vaksinasi tahap I telah di vaksin 303 personil.

“Selain personil Polres Tapteng, FKTP Polres Tapteng juga membantu penyuntikan vaksin terhadap siswa dari siswa SPN Aceh 4 orang (tahap 1), siswa SPN Hinai 9 orang, serta personil Polairud Baharkam Mabes 17 orang,” kata Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning, Kamis (25/3).

Diungkapkannya, kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh personil FKTP (Fasilitas Kesehatan Tahap Pertama) Polres Tapteng dibantu oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Pemkab Tapteng yang dipimpin Kabid P2P, Ewiya Laili SKM M.Kes. Dimulai dari verifikasi data personil, screening, penyuntikan vaksin Sinovac, dan observasi untuk mengetahui reaksi yang dialami personil yang sudah divaksin selama 30 menit,

Terhadap peserta vaksinasi yang telah melalui Tahap II diberikan kartu vaksinasi Covid 19 secara online dari Kementerian Kesehatan RI dan BPJS Kesehatan. Dari hasi monitor terhadap Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dari tahap I dan tahap II di jajaran Polres Tapanuli Tengah, tidak ada gejala negatif yang ditemukan terhadap peserta Vaksinasi Covid 19.

“Puji Tuhan, kegiatan vaksinasi berjalan dengan lancar,”.ujar Kasubbag Humas Polres Tapteng, AKP Horas Gurning.

Dalam kesempatan itu, Gurning juga menghimbau masyarakat untuk tidak ragu mengikuti proses vaksinasi yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Selain menerapkan protokol kesehatan dengan menjalankan 3M dan menghindari kerumunan, pencegahan Covid-19 juga dilakukan dengan penyuntikan vaksin Sinovak. Vaksinasi merupakan proses memasukkan vaksin dalam tubuh agar seseorang menjadi lebih kebal dan terlindungi dari penyakit tertentu.

Ia juga menegaskan jika vaksin Sinovac telah melalui proses panjang sehingga dipastikan aman untuk digunakan oleh masyarakat. Vaksin Sinovac juga telah melalui beberapa tahap uji klinis sehingga dinilai efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19 yang sudah hampir berjalan setahun di Indonesia.

“Tentunya telah melalui proses panjang sehingga dipastikan aman untuk digunakan,” pungkasnya. (ztm/fabe)