News

Persembahkan Drama Musikal ‘Butet’ Meriahkan HUT RI

TOBASA, FaseBerita.ID – Memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-74, berbagai kegiatan acara hiburan dilakukan oleh panitia Kecamatan Lumban Julu usai upacara di lapangan Sepakbola Lumban Julu Kabupaten Toba Samosir, Sabtu (17/8/2019).

Salah satunya yang tidak kalah seru dan membuat para penonton begitu terharu dan juga tidak sedikit masyarakat yang menyaksikan acara tersebut menitikkan air mata. Ialah drama musikal berjudul Butet yang disutradarai oleh Kapolsek Lumban Julu AKP Komando Tarigan.

Kapolsek Lumban Julu AKP Komando Tarigan menjelaskan maksud dan tujuan dibuatnya drama ini, agar Masyarakat kembali mengingatkan betapa besarnya jasa-jasa para Pejuang Kemerdekaan RI pada zaman penjajahan dulu demi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Saya ingin mengingatkan kembali kisah para Pejuang kita yang rela mati demi bebasnya kita dari para penjajah. Terlebih kepada kaum milenial untuk melanjutkan perjuangan pahlawan dulu. Mari kita bersatu padu membangun bangsa Indonesia yang kita cintai ini,” paparnya.

Drama musikal Butet tersebut diperankan oleh siswa-siswi SMK Negeri 1 Lumban Julu yang dilatih Kapolsek Lumban Julu sendiri selama satu bulan. Drama ini menceritakan betapa nestapanya nasib seorang ibu yang lagi hamil tua. Dimana, suaminya sedang pergi bergerilya kemedan tempur.

Namun, saat si isteri melahirkan seorang anak si Butet (perempuan), saat itu juga si ibu mendengar berita duka yang dalam. Suami yang dicintainya telah gugur di Medan Tempur.

Tangisan di Butet yang begitu keras, seakan mengetahui bahwa ayahnya telah tiada. Sehingga si ibu meratap dengan nada yang memilukan.

“Butet..dipangunsian do amang mu ale Butet..

Damargurilla damar darurat ale Butet..

Damargurilla damar darurat ale Butet..

Idoge…doge…doge…idogei..

Doge…doge…” demikian ratapan si ibu.

Maria Manurung (46) salah satu yang menyaksikan drama musikal Butet tersebut mengaku sangat terharu dengan adegan tersebut.

“Saya sempat menitikkan air mata. Mengingat betapa susahnya pejuang dulu dalam mempertahankan Negara kita dari penjajah. Terimakasih Bapak Kapolsek Lumban Julu AKP Komando Tarigan yang telah mempersembahkan drama Butet ini. Dengan ini kita akan tetap mengenang kembali jasa-jasa pahlawan Nasional kita,” terang Maria sembari menyeka air matanya. (os)