News

Perpustakaan UNA Menuju Sistem Pelayanan Digitalisasi

FaseBerita.ID – “Perpustakaan adalah jantung di dalam dunia pendidikan karena disitu lumbungnya ilmu, maka majunya perguruan tinggi bisa dilihat dari koleksi bukunya di perpustakaannya,” ujar Ketua Perpustakaan UNA Uspansyah Marpaung SE.

Perpustakaan UNA saat ini sudah mulai maju dan berkembang sesuai dengan perpustakaan yang ada di perguruan tinggi swasta lainnya.

“Pustakawan kita ada 3 orang yaitu, Indah Wika Ariska AMd, Dimas Kedeng Putera AMd dan Siti Fitriya AMd. Mereka semua memang lulusan perpustakaan, jadi merekalah yang mengelola semua kegiatan di dalam perpustakaan ini, dari mengentri buku, buat barkot buku, dan menerima serta meminjamkan buku kemahasiswa,” sebutnya.

Sementara, Siti Fitriya AMd menjelaskan, jumlah koleksi buku di perpustakan UNA sebanyak 6773 buku. “Dalam penyusunan atau mengentri buku, kami sudah mengunakan kode sendiri yang berbentuk barkot kode, sehingga mahasiswa bisa lebih muda mencari buku dari komputer yang disiapkan di ruang baca,” katanya.

Diterangkannya, ke depan perpustakaan UNA punya rencana untuk mengoptimalkan lagi web servernya untuk kolom koleksi skripsi mahasiswa, sehingga mahasiswa dengan mudah mengakses cotoh skripsi dari segala program studi yang ada di UNA.

Perpustakaan UNA sudah terdaftar di Perpustakaan Republik Indonesia, artinya semua buku koleksi perpustakaan sudah wajib didaftarkan di web server perpustakaan Republik Indonesia. Perpustakaan UNA sudah berbasis digitalisasi walaupun belum sepenuhnya.

“Di dalam mengelola perpustakaan ada 2 sistem yang dipakai yaitu, sistem terbuka dan tertutup. Sistem terbuka adalah pengunjung perpustakaan dilayani dengan sistem komputerasi dan bebas, artinya mahasiswa dibiarkan mengambil buku sendiri. Sedangkan sistem tertutup adalah pengunjung tidak diberikan kebebasan dalam mengambil buku, tapi pustakawan yang mengambil buku dan setelah melihat katalog buku di dalam komputer,” sebutnya lagi.

Perpustakaan UNA akan mengembangkan program yang bisa meningkatan semangat baca di kalangan mahasiswa, dengan membuat UNA Coner Reading dan Teras Baca bagi mahasiswa. Dengan program tersebut, bisa membantu mahasiswa untuk mudah mencari tempat baca yang nyaman dan rileks, artinya mereka tak perlu lagi masuk ruang baca perpustakaan kalau mau baca tapi sudah ada tempat yang disiapkan oleh perpustakaan UNA untuk membaca dengan nyaman dan rilex. (ck04)

iklan usi