News

Peringati Hari Anak Nasional, Bupati Tapteng: Masa Depan Bangsa Berada di Tangan Anak

TAPTENG, FaseBerita.ID – Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani menyatakan masa depan Bangsa berada di tangan anak.

Dalam acara Hari Anak Nasional yang digelar Pemkab Tapteng, Senin (19/8/2019) di Gedung Serbaguna Pandan itu, langsung dibuka oleh Bupati Tapteng bersama Bunda PAUD Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani didampingi Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul serta Forkopimda Tapteng yang ditandai dengan melepas balon dan melepas karnaval anak TK, PAUD sederajat di Tribun Lapangan Sepakbola Pandan. Tampak, anak-anak TK dan PAUD juga menampilkan kebolehannya dalam bernyanyi dan menari menambah kemeriahan acara tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani mengucapkan selamat Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 khususnya kepada seluruh anak di Kabupaten Tapteng. Peringatan HAN yang setiap tahunnya dilaksanakan sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 1984.

Dengan tujuan, agar seluruh komponen bangsa Indonesia, yaitu negara, pemerintah, masyarakat, keluarga, dan orangtua, serta pemangku kepentingan terkait, bersama-sama mewujudkan kesejahteraan anak dengan menghormati hak-hak dan memberikan jaminan terhadap kebutuhan tanpa perlakun diskriminatif.

“Masa depan bangsa berada di tangan anak. Semakin baik kualitas anak saat ini maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa terutama Kabupaten Tapanuli Tengah yang kita cintai ini. Anak merupakan potensi dan penerus cita-cita perjuangan bangsa yang memiliki peran strategis dan mempunyai ciri dan sifat khusus yang memerlukan perlindungan dalam rangka menjamin pertumbuhan dan perkembangan fisik, mental dan sosial secara utuh,” ujar Bakhtiar.

Bakhtiar juga berharap, setiap anak harus mendapat pembinaan sejak dini. Anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk dapat tumbuh berkembang secara optimal, baik fisik, mental maupun sosial. Dan itu dapat terwujud dimulai dari peran dan kualitas keluarga dalam perlindungan anak.

“Semoga kegiatan ini tidak seremonial belaka, diharapkan kepada kita orang tua menjadi contoh yang baik. Pesan kepada kita jaga anak. Hari ini menurut inteligen bahwa ada bangsa-bangsa luar yang mecoba mencokoki anak kita melalui benda-benda ataupun makanan dengan yang namanya narkoba, hati-hatilah berbelanja buat anak. Tolong jaga anak kita, ibu-ibu jadi contoh kepada anak kita. Sampaikan ke suami jangan pernah merokok di depan anak-anak kita. Kalau kita merokok, anak kita jadi terkena dampaknya. Anak kita tanggungjawab kita bersama. Cintai anakmu, sayangi anakmu, kelak mereka akan mendoakanmu kepada Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa,” ucapnya.

“Mari kita tingkatkan upaya dan keikhlasn kita dalam mengasuh dan mendidik anak-anak kita khususnya di Kabupten Tapanuli Tengah yang kita cintai. Kepada semua pengelola, tenaga pendidik, dan pencinta dunia pendidikan, saya ucapkan terima kasih atas jasa- jasa yang telah diberikan selama ini,” kata Bakhtiar.

Sebelumnya, Bunda PAUD Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani menyampaikan dalam Peringatan HAN 2019 merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Tapteng untuk menghormati, menghargai, dan menjamin hak-hak anak dari usia dini.

“Terima kasih kepada pendidik yang telah melatih dan mempersiapkan penampilan anak-anak. Saya begitu gembira dan bahagia melihat wajah ceria mereka, anak-anak pintar dan percaya diri melakukan gerakan dan penampilan. Kelihatan mereka semua gembira sehat-sehat, mereka adalah anak-anak harapan bangsa, investasi Tapanuli Tengah dimasa yang akan datang,” ucap Ny Citra.

Disela-sela sambutannya, Ny Citra juga mengajak semua pihak meningkatkan upaya dan keikhlasan dalam mengasuh dan mendidik anak-anak, khususnya di Tapteng.

Turut hadir pada acara peringatan HAN Tahun 2019 itu, mewakili Danrem 023/KS, Wakil Ketua TP PKK Tapteng Ny Juli Darwin Sitompul, Tim Penggerak PKK Tapteng, Dharma Wanita Persatuan Tapteng, Ketua MUI Tapteng, Tenaga Pendidik, Sekretaris Daerah Tapteng, Staf Ahli Bupati, para Asisten, Pimpinan OPD Pemkab Tapteng, Camat se Tapteng, beberapa Kepala Desa dan Lurah, para orangtua anak-anak TK dan PAUD. (dh/osi)